Technology Trends

Aplikasi Mandiri Agen Percepat Inklusi Keuangan Nasional

Aplikasi Mandiri Agen Percepat Inklusi Keuangan Nasional
Karyawan Bank Mandiri menunjukkan aplikasi Mandiri Agen di layar ponsel. (Foto : Bank Mandiri).

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi Mandiri Agen untuk mendigitalisasi Mandiri Agen (Agen Laku Pandai Bank Mandiri) dalam mempercepat inklusi keuangan nasional. Josephus K. Triprakoso, SEVPMicro & Consumer Finance Bank Mandiri mengaku Mandiri Agen dapat lebih mudah melayani berbagai transaksi keuangan kepada masyarakat dengan beragam keunggulan aplikasi ini.

Bank Mandiri gencar berinovasi di platform digital dalam meningkatkan inklusi keuangan yang merupakan salah satu fokus jalur keuangan Presidensi G20 Indonesia. Josephus, dalam keterangan tertulisnya ini, menyampaikan pemanfaatan digitalisasi ekonomi ini berperan penting untuk menciptakan peluang ekonomi yang lebih besar serta mendorong pertumbuhan yang lebih inklusif dan berkelanjutan dengan memacu inovasi dan meningkatkan akses ke layanan keuangan.

“Bank Mandiri telah meluncurkan Aplikasi Mandiri Agen secara serentak di seluruh Indonesia pada 22 September 2022 lalu. Lewat platform digital ini, kami berharap masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan keuangan serta turut berkontribusi pada pertumbuhan inklusi keuangan,” ujar Josephus di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Melalui Inovasi ini, Bank Mandiri dapat melakukan penetrasi lebih cepat dan luas dengan menghadirkan fitur layanan yang lebih variatif. Mandiri Agen dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan cara pembukaan rekening tabungan secara online di tempat, transaksi perbankan maupun pembayaran kepada nasabah, di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, dapat memberikan referral kredit dari pelanggan yang ingin mengajukan pinjaman mikro serta melayani pembayaran angsuran pinjaman mikro Bank Mandiri. Aplikasi ini juga mampu memberikan respons yang lebih cepat dari Bank Mandiri kepada Mitra Agen Laku Pandai, antara lain kemampuan pembaruan versi aplikasi secara mandiri serta monitoring pencatatan pendapatan agen secara real time sehingga agen bisa segera mengetahui pendapatan yang diterima dari setiap transaksi.“Kehadiran Aplikasi Mandiri Agen juga menjadi wujud komitmen Bank Mandiri untuk menghadirkan one stop digital solution bagi mitra agen kami dan nasabah” imbuhnya.

Jumlah Mandiri Agen per akhir September 2022 lebih dari 100.000 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga nNasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang Bank Mandiri atau ATM untuk melakukan transaksi perbankan ataupun pembayaran. Hingga September, total sebanyak 55,8 juta transaksi finansial telah difasilitasi Mandiri Agen bagi nasabah, dengan nilai sebesar Rp 67 triliun.

Sedangkan pembukaan rekening baru melalui referral Mandiri Agen tumbuh 33% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year) ataumenjadi 2,1 juta rekening dengan total dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sekitar Rp 13,6 triliun.

Percepat Inklusi Keuangan

Meskipun transaksi keuangan kini telah didominasi oleh kanal digital, ternyata peranan jaringan kantor bank masih signifikan. Untuk itu, Bank Mandiri memformulasi pengembangan cabang ke arah digital menjadi smart branch yang dilengkapi dengan inovasi yang memungkinkan sebagian proses transaksi dilakukan secara digital atau self service.

Langkah ini merupakan strategi Bank Mandiri untuk mempercepat inklusi keuangan khususnya masyarakat urban atau perkotaan. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di seluruh Indonesia. Inovasi kali ini telah mengadopsi fitur-fitur layanan baru yang berorientasi kepada nasabah atau customer centric. Melalui fitur-fitur ini, nasabah yang datang ke Smart Branch by Mandiri akan merasakan pengalaman perbankan yang cepat, mudah, aman dan handal dengan dukungan digital technology.

Smart Branch by Mandiri didesain untuk dapat mengakomodir kebutuhan nasabah berdasarkan tingkat adopsi digital dengan menghadirkan proses layanan yang terintegrasi dengan digital channel (Livin’ dan Kopra) dan self-service machine. Selain itu, nasabah yang memerlukan konsultasi produk dan layanan lainnya juga dapat langsung dibantu oleh general banker (GB) yang bertugas.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved