Aplikasi PosGo Syariah Membangun Ekosistem Syariah Pertama

PT Pos Indonesia (Persero) melalui aplikasi PosGo Syariah membangun ekosistem syariah pertama dengan perdagangan fisik emas digital sebagai dasar ekosistem serta menggandeng Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH dalam pelaksanaannya.

Ekosistem Syariah ini memungkinkan transaksi emas fisik dan utilisasi emas dalam berbagai kebutuhan melalui sistem aplikasi. Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan transaksi seperti menabung dan berinvestasi emas (PosGold), melakukan transfer saldo maupun transfer emas (Switch), melakukan pembelian produk-produk muslim (Halal Hub), perencanaan haji dan umrah (Gold To Mecca), serta layanan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf menggunakan emas (ZISWAF).

Aplikasi PosGo Syariah dapat diunduh melalui PlayStore. Dalam PosGo Syariah terdapat fitur PosGold, platform tersebut memberikan layanan perdagangan emas fisik (murni 999.9) berbasis sistem aplikasi. PosGold memungkinkan dapat mengakses pasar perdagangan emas murni internasional secara langsung melalui ekosistem pasar emas di Bursa ICDX, termasuk mekanisme penyerahan fisik emas dan berbagai layanan turunan berbasis transaksi dengan dukungan dari ABI Komoditi Berjangka sebagai anggota Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH.

Seluruh perdagangan emas melalui bursa sudah terstandarisasi dan melalui analisis komprehensif serta mitigasi risiko yang penyelesaiannya dijaminkan oleh Lembaga Kliring ICH.

Dengan tersedianya layanan PosGo Syariah yang terkoneksi dengan beberapa mitra multiindustri termasuk Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH, ke depannya ekosistem perdagangan syariah PosGold akan ditopang oleh rencana pembangunan fasilitas penyimpanan emas berskala internasional yang telah dirumuskan dalam grand plan PosGo Syariah di awal pembentukan oleh Pos Indonesia dan mitra strategisnya.

“Transaksi emas yang terjadi melalui PosGo Syariah akan menjadi pondasi dalam pengembangan fitur aplikasi. Hal ini  akan menjadi mekanisme pengawasan dan manajemen data transaksi komprehensif dalam perdagangan emas fisik digital agar bisa sesuai dengan ketentuan regulator” ujar Yohanes Silaen, Vice president Membership ICDX Group.

Dengan tersedianya platform perdagangan emas yang mudah diakses dan aman, serta terhubungnya PosGo Syariah dengan ekosistem perdagangan berjangka komoditi melalui Bursa ICDX dan Lembaga Kliring ICH akan menjadi momentum terciptanya layanan transaksi yang mudah diakses berkelas internasional di Indonesia. Melalui layanan ini, ICDX – ICH dan Pos Indonesia serta mitra diharapkan akan memberikan tambahan pilihan bagi masyarakat terutama  karyawan, investor, profesional, kalangan bisnis dan pihak lainnya untuk menginvestasikan dananya dalam bentuk emas murni fisik batangan yang dapat ditransaksikan secara digital. PosGo Syariah juga diharapkan dapat memberikan peluang utilisasi perdagangan emas dalam kebutuhan sehari-hari dan transaksi bisnis.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)