Aplikasi Proteksi Pertanian untuk Petani dan Peternak

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) meluncurkan aplikasi Proteksi Pertanian (Protan). Aplikasi tersebut merupakan kerja sama Jasindo dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Protan merupakan aplikasi yang ditujukan untuk para petani dan peternak.

“Fitur aplikasi mobile ini telah dilengkapi dengan pengukuran polygon area kerusakan lahan yang mengalami gagal panen, geolocation koordinat lahan, auto generate download formulir, penyimpanan data klaim, update status pelaporan klaim, dan dilengkapi juga dengan berita umum seputar pertanian dan peternakan,” kata Diwe Novara, Direktur Pengembangan Bisnis Asuransi PT Asuransi Jasa Indonesia.

Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat android. Diharapkan petugas penyuluh lapangan (PPL), petugas organisme pengendali tumbuhan (POPT), dan petugas kesehatan hewan dapay melapor secara lebih mudah melalui ponsel masing-masing.

Sebagai tambahan, Asuransi Jasindo telah mendapatkan penunjukan dari pemerintah untuk menjalankan program bantuan premi asuransi usaha tani padi (AUTP) sejak tahun 2015 sampai sekarang. Pencapaian Program AUTP & AUTSK Tahun Anggaran 2020 telah tercapai 100% dari target yang ditentukan. AUTP tercapai 1 juta Ha dengan total kepesertaan 1,4 juta petani dan untuk program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) tercapai 120 ribu ekor dngan total kepesertaan 56 ribu peternak.

Adapun jumlah kabupaten yang mengikuti program asuransi pertanian pada tahun 2018 sebanyak 217 kabupaten/kota yang mengikuti program. Sementara di tahun 2019 meningkat menjadi 236 kabupaten/kota dan di tahun 2020 jumlahnya meningkat menjadi 238 kabupaten/kota.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)