Aplikasi Tauberes Garuda Bisa Monitor Pengiriman Barang di Bandara

Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui lini usaha layanan logistik kargo udara PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI) meluncurkan terobosan terbaru aplikasi digital “Tauberes”. Aplikasi ini yang menghubungkan layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang kepada masyarakat (end customers).

"Tauberes merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway dan payment <" ujar Mohammad Iqbal, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia.

Iqbal mengatakan, hadirnya aplikasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Grup Garuda Indonesia dalam menyediakan inovasi layanan digital yang dapat menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien serta adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi

"Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia saat ini menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting. Mengusung konsep smart logistic services, kami harapkan dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara online dengan basis layanan kargo udara yang terpercaya mulai dari akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif,” ujarnya

Sementara itu, Albert Burhan, Direktur Utama PT GTI, mengatakan, aplikasi didesain sebagai one-stop logistic solution yang akan memiliki tiga fitur utama, yaitu Kirim Paket, Kargo Udara, dan Belanja Online.

Ia menjelaskan, Tauberes menawarkan fitur baru yang belum ada yaitu bentuk tracking baru, yang bisa memonitor di bandara. Selain itu, pengiriman barang tidak perlu menunggu untuk memenuhi minimal 10 Kg di bagasi pesawat, sehingga pengirimian bisa terselesaikan di hari yang sama.

“Dengan dilengkapi fitur tracking antar pulau yang terkoneksi dengan sistem layanan maskapai, juga akan dapat dimonitor pada saat di airport dan di pesawat sehingga pengiriman barang akan dapat dimonitor secara keseluruhan,” jelasnya.

Zaldy Ilham Masita, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, berpendapat, aplikasi Tauberes ini bisa menyelesaikan dua masalah utama dalam sektor logistik. “Pertama, bisa meningkatkan kapasitas. Kedua, solusi standardisasi, karena belum ada standar di industri logistik, misalnya harga, jadi bisa lebih murah,” ungkapnya.

Pada tahap awal ini, Tauberes menggandeng sejumlah mitra, yaitu J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP dan Si Cepat. Melalui aplikasi ini, konsumen dapat memilih penyedia jasa pengiriman barang yang telah bekerja sama dengan Tauberes yaitu J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP, dan Si Cepat yang telah menjadi partner saat ini, dan akan diikuti oleh partner yang lain, dengan pilihan metode pembayaran melalui LinkAja maupun pembayaran tunai.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)