Aplikasi Teman Bumil Meluncurkan Buku Seputar Kehamilan

Diskusi seputar kehamilan saat peluncuran Buku Teman Bumil

Aplikasi Teman Bumil, sebuah terobosan baru yang dapat memudahkan para ibu meningkatkan pengetahuannya tentang kehamilan dan pengasuhan anak, meluncurkan buku. Diharapkan dengan hadirnya buku ini, makin banyak informasi kehamilan yang dapat memperkaya pengetahuan para ibu di Indonesia.

Sejak hadir pada 2017, aplikasi ini terus melakukan terobosan dengan harapan ingin mempermudah orang tua mendapatkan informasi yang lengkap dan terpercaya.

“Setelah peluncuran aplikasi Teman Bumil yang sudah diunduh lebih dari 500 ribu ibu Indonesia, Kami ingin memberikan kontribusi lebih, dengan menerbitkan dua buku tentang kehamilan dan parenting, sebagai alternatif sumber informasi yang tepercaya yang bisa dengan mudah dibagikan dengan suami ataupun orang tua,” jelas Tiffany Robyn Soetikno, selaku Co-Founder Teman Bumil dalam peluncuran buku Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau di Gramedia Matraman.

Robyn adalah putri Ferry Soetikno, pemilik Dexa Medica, perusahaan farmasi lokal papan atas di Indonesia. Robyn sudah menulis beberapa buku juga sebelumnya, diantaranya buku tentang bagaimana memahami pubertas pada putri remaja. Buku-buku yang ditulisnya ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami plus gambar-gambar penunjang yang menarik sehingga tidak membosankan.

Dr. Ardiansyah Dara, Sp.OG., M.Kes., mengatakan banyak informasi yang selama ini membuat galau para perempuan seputar kehamilan mereka. Tidak hanya tentang pengetahuan dasar kehamilan seperti kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang janin, namun banyaknya mitos seputar kehamilan pun sering menjadi sumber kegalauan para calon ibu.

Hal yang sama pun dialami ibu yang baru melahirkan. Merawat bayi baru lahir, memang cukup menantang bagi orang tua baru. Di minggu pertama setelah dilahirkan, misalnya, bayi masih sangat sensitif dan rentan dengan paparan lingkungan baru di sekitarnya. 

“Akhirnya orang tua menjadi ragu-ragu bagaimana merawat bayi baru lahir dan serba ketakutan akan terjadi kesalahan. Padahal dengan pemahaman yang cukup, para ibu dan ayah seharusnya bisa merawat bayi baru lahir dengan aman,” jelas dr. Lucia Nauli Simbolon, Sp.A yang juga turut hadir.

Pengalaman hamil dan merawat buah hati yang penuh tantangan ini juga dialami artis Sandra Dewi. Di kehamilan pertamanya, Sandra banyak bergantung pada informasi yang ia peroleh dari dokter, dan juga melalui aplikasi Teman Bumil. Ia terus menggunakan aplikasi Teman Bumil ini sampai Raphael Moeis, anak pertamanya lahir dan kini berusia 1 tahun lebih. 

Sandra Dewi yang tengah menanti kelahiran anak keduanya merasa beruntung dengan tambahan koleksi berupa serial buku dari Teman Bumil. “Dengan kehadiran buku Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau ini tentu membuat saya semakin percaya diri menghadapi kehamilan dan persalinan anak kedua. Apalagi bukunya dikemas sangat menarik dan informatif. Para ibu harus mengoleksinya,” jelasnya.

Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau diterbitkan untuk memberikan informasi lengkap tentang kehamilan dan pengasuhan anak. Kedua buku ini ditulis oleh Redaksi Teman Bumil dan sudah disupervisi oleh ahli.

Informasi di dalamnya sangat lengkap. Misalnya untuk buku kehamilan, para calon ibu disodorkan informasi mengenai tahapan kehamilan per trimester, tes kehamilan yang harus dijalani, mitos-mitos seputar kehamilan, hubungan suami istri selama kehamilan, hingga persiapan persalinan.

Sedangkan untuk buku Parenting Tanpa Galau, lebih banyak lagi informasi yang disajikan. Mengasuh anak, adalah perjalanan penuh drama yang dialami hampir semua orang tua. Tahap pengasuhan anak dalam buku ini dibagi menjadi perawatan bayi baru lahir (0-6 bulan), anak usia 7-12 bulan saat si Kecil mulai banyak belajar untuk bertumbuh dan berkembang, dan usia 1-3 tahun saat si Kecil sudah mulai bereksplorasi.

“Dengan cara penyampaian informasi yang mudah dipahami, singkat dan disertai infografis menarik, kedua buku ini diharapkan bisa menjadi sumber informasi yang sangat membantu bagi seluruh ibu di Indonesia,” jelas Robyn yang juga lulusan Psikologi ini.

Kedua buku ini sudah bisa didapatkan di seluruh Toko Buku Gramedia, mulai awal Juli dengan harga Rp 105.000. Pre order sudah bisa dilakukan sejak 21 Juni kemarin lewat official store Gramedia.com di Tokopedia. 

Teman Bumil merupakan aplikasi yang ditujukan untuk membantu para ibu menjalani perannya dengan lebih mudah dan nyaman. Teman Bumil bisa digunakan oleh ibu yang sedang Program Hamil, Kehamilan, dan Tumbuh-Kembang, dengan beragam fitur menarik dan bermanfaat untuk para ibu.

Aplikasi Teman Bumil memungkinkan para ibu untuk menggunakan beberapa pilihan penggunaan sekaligus. Misalkan, seorang ibu sedang hamil dan memiliki seorang anak atau lebih di bawah usia 3 tahun, ia bisa memantau perkembangan janin dan tumbuh kembang si Kecil sekaligus di aplikasi ini.

Aplikasi ini pun bisa digunakan sebagai alternatif Kartu Ibu dan Anak (KIA) versi digital, sehingga tidak perlu khawatir kalau KIA hilang. Tak hanya digunakan sendiri, Teman Bumil juga menyediakan Forum interaktif di mana para ibu bisa diskusi dan bertanya dengan ahli medis, terutama di Kelas Online.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)