Aplikasi Tugo Digunakan UMKM Mengembangkan Usaha Saat Pandemi

Sudah lebih dari setahun semenjak masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia, belum ditemukan titik terang mengenai kapan pandemi ini akan berakhir. Masyarakat terpaksa berdiam diri di rumah dan menghindari keramaian untuk mencegah penularan virus Corona.

Pandemi ini membuat masyarakat terpaksa menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru. Akibatnya segala aktivitas atau kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar rumah menjadi tidak leluasa, salah satunya ialah kegiatan berbelanja. Untuk mencegah penularanCovid-19, masyarakat lebih memilih berbelanja secara online daripada mengunjungi toko secara langsung. Sebagian masyarakat juga mencoba peruntungan dengan mulai berjualan secara online untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Ada beberapa yang hanya berjualan secara personal atau hanya menggunakan media sosial mereka. Akan tetapi, berjualan dengan menggunakan media sosial pribadi lebih sulit untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan ditemukan oleh  konsumen.

Menjawab tantangan itu, Tugo.id lahir di masa pandemi Covid-19.  Platform toko online berbasis situs web ini mengelola sistem pemesanan online sekaligus sebagai pencatat pesanan otomatis. Berbeda dengan platform toko online pada umumnya, Tugo.id memberi kesempatan kepada setiap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat bergabung secara gratis tanpa tagihan biaya komisi tambahan. Hal ini diharapkan dapat membantu para pemilik UMKM  dalam mengembangkan bisnis.

“Kami ingin membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis. Selama ini kita lihat di sekeliling kita banyak UMKM yang mengalami kesulitan terlebih di masa pandemi seperti ini. Banyak platform toko online yang membebankan biaya lumayan tinggi. Oleh karena itu, Tugo.id hadir untuk meringankan beban UMKM. Setiap UMKM dapat membuka toko online  di sini secara gratis tanpa adanya potongan komisi. Kami juga menyediakan berbagai fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM di Indonesia,” tutur Nurul Hasanah, Public Relation Coordinator Tugo.id.

Selain dapat mendirikan toko secara gratis, Tugo.id memiliki tampilan yang mudah digunakan serta memiliki fitur reminder untuk pembayaran. Customer akan menginput data pengiriman yang nantinya akan tercatat di sistem secara otomatis. Fitur-fitur lain juga dimiliki oleh  antara lain transaksi tanpa potongan komisi, terima setiap pesanan via WhatsApp, sistem pencatatan otomatis, metode pembayaran lengkap dengan sistem otomatis.

Pengantaran barang terintegrasi dengan Go-Send dan fitur kurir pribadi. Fitur kurir pribadi ini diperuntukan khusus toko yang sudah memiliki kurir sendiri sehingga ongkos kirim bisa dibuat lebih murah. Ada pula promosi gratis di media sosial pribadi milik Tugo.id. Hal ini dapat membantu para pemilik UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga tokonya lebih mudah ditemukan oleh para calon pembeli.

Beberapa UMKM yang telah bergabung dengan Tugo.id mengungkapkan bahwa mereka ikut terbantu dengan adanya aplikasi ini lantaran mereka bisa membuat toko online secara gratis, dengan sistem serba otomatis, tanpa ada biaya komisi tambahan.

“Semua pesanan dari WhatsApp jadi tercatat rapi. Saya jadi bisa tahu mengenai pattern pembelian customer dan produk best seller apa saja. Data customer yang biasanya saya catat manual di excel, sekarang semua tercatat secara otomatis. Harganya juga paling murah dibanding yang lain dan tidak ada biaya komisi tambahan juga. Sesudah dapat toko online, saya jadi ada platform bagi para reseller untuk beli dengan harga khusus,” ucap Catherine, Pemilik Toko Pawpups.

Andre pemilik Cakalang Sumur Batu juga mengatakan,  aplikasi Tugo.id  memiliki jangkauan pasar lebih luas, sistem pembayaran yang lengkap, berimbas pada keuntungan yang semakin meningkat. Fitur notifikasi WhatsApp otomatisnya membantu,  sehingga dia tidak  pernah ketinggalan order, walaupun lagi ribet di rumah.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)