Apresiasi Astra untuk Local Champions Indonesia

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto. (Foto: Vina Anggita).

PT Astra Internasional Tbk untuk kedua kalinya berkolaborasi dengan IdeaFest dalam pelaksanaan Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2019 yang ke-10. Acara puncak penganugerahan yang dimeriahkan oleh Erwin Gutawa Music School, Sheila on 7, dan Isyana Sarasvati itu akan diadakan pada Jumat, 04 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center Senayan.

"SATU Indonesia Awards kembali hadir sebagai wujud apresiasi Astra untuk anak muda bangsa, baik individu maupun kelompok yang memiliki kepeloporan dan idealisme untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya," kata Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto di JCC, Kamis (03/10/2019).

Menurut dia, pihaknya menyadari bahwa banyak sekali anak-anak muda yang memiliki passion dan dorongan untuk memberikan kontribusi terhadap lingkungannya. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya jumlah peserta SATU Indonesia Awards setiap tahunnya.

"Tahun ini ada 8.654 peserta dari berbagai wilayah bahkan Indonesia Timur sudah banyak yang ikut, padahal tahun pertama (2010) hanya 120 peserta," ujarnya. Ia juga mengungkapkan, semakin banyaknya jumlah peserta ini diiringi dengan perkembangan kualitas yang semakin baik dan menarik.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat dari Maret hingga awal Oktober, dewan juri 10thSATU Indonesia Awards 2019 akhirnya menetapkan 14 peserta finalis yang akan dipilih dalam enam kategori yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi, serta satu kategori yaitu kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

Dalam melakukan penjaringan dan penjurian, ada 5 hal yang menjadi penilaian. Pertama motif, apa yang mendorong mereka melakukan kegiatan tersebut. Kedua outcome, apa yang dihasilkan oleh programnya. Ketiga outreach, seberapa besar cakupannya. Keempat sustainability, programnya harus berkelanjutan. Terakhir, memiliki visi untuk menjadikan program ini lebih besar dan lebih luas.

"Programnya harus original dan belum mendapatkan penghargaan, karena ini lah yang harus kita angkat agar memberikan inspirasi bagi orang lain. Dari banyak penerima Indonesia Award ini pun banyak yang didaftarkan oleh orang lain, karena sebenarnya mereka tidak berharap menerima penghargaan," ujar Boy.

Selain mendapat dana bantuan sebesar Rp 60 juta untuk masing-masing kategori, keenam penerima tingkat nasional ini juga mendapatkan pembinaan kegiatan dari Astra. Mereka akan diintegrasikan dengan Kampung Berseri Astra di 34 provinsi dan 645 Desa Sejahtera Astra untuk membangun masyarakat di daerahnya.

"Mereka ini para Local Champions di wilayahnya sehingga harus dikolaborasikan. Untuk mengetahui sustainability programnya, setiap 6 bulan sekali kita lakukan evaluasi, kita beri rating bintang 1-5," tambah Boy.

Dia berharap, program ini akan menjadi gerakan besar bagi masyarakat Indonesia terutama anak-anak muda, dan menjadi inspirasi untuk menggerakkan wilayahnya. "Kami berharap banyak anak muda Indonesia yang muncul dengan gebrakan-gebrakan positifnya dan membuat perubahan bagi Indonesia. Bayangkan jika seluruh anak-anak muda Indonesia ini bergerak maka Indonesia akan lebih cepat maju," tuturnya.

Sebagai informasi, dewan juri 10th SATU Indonesia Awards 2019 terdiri dari Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia), Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia), Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Universitas Negeri Jakarta), Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi), Toriq Hadad (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk), Riza Deliansyah (Deputy Chief of Corporate Affairs Astra), Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra), dan juri tamu Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)