Apresiasi Paxel pada 15 UMKM Kuliner Penggerak Perekonomian Selama Pandemi

Pandemi Covid-19 memberi dampak langsung ke berbagai aspek ekonomi masyarakat, terutama pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Banyak UMKM yang merosot omzetnya. Namun, di sisi lain pandemi Covid-19 memaksa orang untuk mencoba hal baru di dunia digital. Berkat dunia digital inilah perlahan UMKM bangkit sehingga bisa membantu perekonomian Indonesia di tengah situasi yang tidak menentu, salah satunya di sektor kuliner.

Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” pada 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar.

Zaldy Ilham Masita, Co-founder Paxel menyampaikan, ajang penghargaan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) ini merupakan model baru di bisnis F&B untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pelaku kuliner yang telah begitu kreatif, inovatif, dan persisten dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Selama pandemi ini kita melihat offline customer berkurang jauh dan naiknya ongkos kirim untuk pengiriman lokal. Penghargaan ini didedikasikan untuk para pejuang kuliner yang tidak menyerah dan selalu mengahadapi tantangan, mereka telah memberikan kesempatan kepada karyawan, tim, keluarga, dan customer untuk bisa berkembang selama pandemi ini," ujarnya dalam Paxel eKuliner Awards 2021 secara virtual, Jumat (30/07/2021).

Selama periode Lebaran lalu, Paxel mencatat setidaknya ada 900.000 makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM Kuliner Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar kota. Ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat mulai dari awal Ramadan, sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya sebagai obat kangen rumah.

Zaldy mengungkapkan, penghargaan ini berdasarkan data transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, dimana terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar. Sementara untuk kategori yang diluncurkan adalah (1) Kuliner Online Favorit Dari Kota (2) Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek (3) Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi ajang penghargaan ini sebagai langkah positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital.

"Menjadi sebuah kebanggan melihat pencapaian para pelaku usaha yang berhasil menghadapi tantangan pandemi Covid-19 dan membuktikan diri semakin kreatif tumbuh dan berkembang seperti ini. Namun perlu diingat, jangan berhenti disini dan cepat berpuas diri karena masih banyak potensi yang bisa digali dan berpeluang untuk ditelusuri, terutama dengan memanfaatkan teknologi," ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Ia pun berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan kepercayaan diri para pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga sektor parekraf segera bangkit kembali. Apalagi kata dia, kuliner nusantara merupakan satu dari top 3 subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama pandemi.

Berikut daftar UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” di mana seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trofi dan review produk yang akan dilakukan oleh celebrity chef & Youtuber.

1. Pempek Cuko Sedap -- Kuliner Online Favorit dari Kota Jakarta
2. Catering Si Babah -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bogor
3. Venus Tweets -- Kuliner Online Favorit dari Kota Depok
4. Broth Mama -- Kuliner Online Favorit dari Kota Tangerang
5. Kedai Dimsum -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bekasi
6. Bakakak Ayam Kampung -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bandung
7. Asla Bird Nest -- Kuliner Online Favorit dari Kota Semarang
8.Ayam Goreng PIO -- Kuliner Online Favorit dari Kota Solo
9. Delicia Bakery -- Kuliner Online Favorit dari Kota Yogyakarta
10.Bakwan Sowan -- Kuliner Online Favorit dari Kota Surabaya
11.Bakso Ndeso Malang -- Kuliner Online Favorit dari Kota Malang
12.Babi Guling Karya Rebo -- Kuliner Online Favorit dari Kota Denpasar
13. Bakso Atiraja -- Kuliner Online Favorit dari Kota Makassar
14.Bakwan Sowan dari Surabaya -- Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek
15.Pempek Cuko Sedap dari Jakarta -- Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)