Apresiasi Untuk BPR Jempolan

Di tengah upaya memerangi kemiskinan, peran BPR dinilai sangat penting dan strategis. Masyarakat miskin yang identik dengan terbatasnya kemampuan mengakses lembaga keuangan formal, memerlukan suatu lembaga yang secara spesifik mampu menjangkau dan melayani kebutuhan mereka, dengan memfokuskan pelayanan menurut asas kemanusiaan dan keadilan.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha mikro, kecil, dan menengah dengan lokasi yang pada umumnya dekat dengan tempat masyarakat yang membutuhkan.

Deputi Bidang Ekonomi makro dan Keuangan Kementerian Keuangan, Iskandar Simorangkir (kiri ke 6) bersama Kordinator Pengawasan LJK Wilayah Timur OJK , Achmad Fauzie (kanan ke 4) , Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi , Muhammad Ihsan (kiri ke 5) berpose bersama dengan sejumlah penerima award

BPR juga berperan penting dalam mikrofinance, karena lokasi yang dekat dan proses yang cepat. Hal ini membuat masyarakat berminat untuk meminjam, dengan proses yang sangat mudah menjadi solusi juga bagi masyarakat. Sejauh ini pertumbuhan BPR sangat bagus, tetapi diperlukan adanya penguatan (empowerment) dalam hal lembaga modal dan SDM-nya.

Apresiasi untuk BPR menjadi salah satu langkah memberikan penghargaan terhadap BPR yang memiliki kualitas aset paling baik tahun 2015 dan 2016, memberikan penghargaan terhadap BPR terbaik pada pengelolaan manajemen di BPR tersebut, memberikan penghargaan terhadap BPR terbaik pada pengelolaan likuiditas, CAR, jumlah dana pihak ketiga dan kredit yang diberikan, serta memberikan penghargaan terhadap BPR yang memiliki persentase pertumbuhan laba yang paling tinggi dari tahun 2015 dan 2016. Oleh karena itu, Warta Ekonomi menyelenggarakan pemberian penghargaan “Indonesia Best BPR Award 2017” di Hotel Le Meriden, Jakarta.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada BPR yang terbaik,” ujar Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi , Muhammad Ihsan.

Dalam pemberian penghargaan ini, Warta Ekonomi telah melakukan serangkaian tahapan kegiatan dalam menentukan perusahaan terbaik dengan melakukan pengumpulan data, desk research, dan survei kepada konsumen. Berdasarkan kajian dan penilaian yang telah dilakukan, Warta Ekonomi menetapkan penghargaan Indonesia Best BPR Award 2017 diberikan kepada BPR-BPR terpilih.

Salah satu penghargaan adalah kategori National Best BPR with The Highest Performing Growth, di antaranya BPR Sri Artha Lestari, Hasamitra, Surya Yudhakencana, Dana Nuasantara, Sejahtera Batam, Bank Jogja, Arfak Indonesia, BKK Kebumen, Daya Lumbung Asia, Surya Yudha, Bank Daerah Lamongan, Bank Daerah Gunung Kidul, Artharindo, Bank daerah Bojonegoro dan lainnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)