Apresiasi untuk CEO Idaman Indonesia 2017

Menteri Perekonomian Darmin Nasution (kiri -4) didampingi Founder Warta Ekonomi Fadel Muhammad (kiri-5) berpose bersama dengan sejumlah penerima award.

Di kancah bisnis, Chief Executive Officer (CEO) berperan menentukan arah perkembangan usaha demi tercapainya tujuan perusahaan. Untuk itu, dibutuhkan kompetensi khusus untuk menjadi pemimpin handal di sebuah perusahaan.

Hanya sedikit CEO yang piawai dalam pekerjaan mereka. Kenyataannya hanya 1 dari 20 orang CEO berada di puncak. Dan sebagian besar tidak mengetahui apa pekerjaan mereka sebenarnya dan hanya sedikit yang bisa melakukan dengan baik.

Di sebuah usaha rintisan, peranan CEO sangatlah krusial. Ia adalah seorang pimpinan yang bertanggung jawab atas kegagalan atau kesuksesan sebuah perusahaan. Operasi, pemasaran, strategi, pendanaan, penciptaan budaya perusahaan, sumber daya manusia, perekrutan tenaga kerja, pemutusan hubungan kerja, penjualan, hubungan masyarakat, dan sebagainya. Semua urusan tersebut umumnya ditangani oleh seorang CEO.

Indonesia memiliki banyak pemimpin perusahaan yang handal, namun tidak semua pemimpin menjadi sosok idaman bagi banyak orang. Pemimpin idaman merupakan sosok yang diakui reputasi, komitmen, kerja keras, serta kepiawaiannya dalam mengelola perusahaan hingga mampu menjadikan perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang.

“Indonesia Most Admire CEO Award 2017, merupakan bentuk pernghargaan yang diberikan Warta Ekonomi kepada CEO Indonesia yang dianggap mampu menunjukkan kualitas dan citranya sebagai CEO Idaman di mata karyawan dan pembaca,” ujar Muhammad Ikhsan, Pemred Warta Ekonomi,

Dengan adanya penghargaan ini, Warta Ekonomi berharap agar para CEO di Indonesia terinspirasi dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinannya hingga mampu membuat kinerja perusahaan yang dipimpinnya semakin berkembang.

Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan menggunakan desk research untuk mendapatkan gambaran awal mengenai kinerja perusahaan di tahun 2017. Prestasi yang dicapai oleh perusahaan merupakan cerminan prestasi CEO dalam mengejar target kinerja perusahaan. Hasil desk research ini, menjadi bahan awal untuk proses kegiatan riset kuantitatif pada tahap selanjutnya.

Riset kuantitatif dilakukan melalui pengumpulan data secara online. Penyebaran kuesioner secara online dilakukan kepada 17.124 responden dengan kriteria jobseeker dan worker. Kegiatan ini dilakukan di lima kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Bandung. tujuannya adalah untuk mendapatkan CEO pilihan karyawan yang kami anggap memiliki pengalaman dan pemahaman di industri dimana mereka bekerja. Survei online menggunakan panel responden yang terseleksi berdasarkan kriteria demografi tertentu dan terkoneksi dengan smartphone mereka.

Pemilihan kandidat pada survei CEO Idaman ini dilakukan dengan menjaring nama-nama CEO pilihan responden. Dasar kriteria penilaian CEO idaman ini ada beberapa aspek, yaitu:
• Leadership Image
Penilaian dilakukan dengan melihat kemampuan CEO dalam membawa perubahan, kemampuan mensejahterakan karyawan, serta kemampuan cara pandang dan visi yang dimiliki untuk pengembangan bisnis perusahaan ke depan.
• Professional Image
Seorang CEO harus memiliki sifat profesional, mampu memimpin, dan mampu bekerja keras. Ketiga sifat ini dianggap menjadi bagian penting untuk menilai tingkat profesionalisme seseorang.
• Personal Image
Citra seorang CEO di mata orang lain menjadi cermin atas kualitas pribadinya dalam memimpin perusahaan. Seorang CEO yang memiliki kepribadian baik, kompeten dibidangnya, serta dikenal banyak orang, merupakan bentuk citra positif seorang CEO.
• Performance Image
Selain kepemimpinan, profesionalisme, dan personal image, hal yang paling penting untuk memperoleh gelar CEO Idaman adalah ketika ia mampu memperlihatkan kinerjanya yang berkualitas. Hal ini dapat dibuktikan melalui prestasi-prestasi perusahaan yang berhasil diukir CEO seperti: kemampuan dalam mengembangkan usaha perusahaan, kemampuan untuk menjadikan perusahaan terkemuka dibidangnya, serta kemampuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.
• Global Competitiveness Image
Responden menilai kemampuan CEO dalam membawa perusahaannya bersaing di pasar global, inovasi yang dilakukan, perkembangan pangsa pasar dalam negeri dan luar negeri, serta proses bisnis yang mutakhir.
• Social Image

Responden menilai citra CEO dalam hal aktivitas sosial yang dilakukan perusahaannya dalam tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat dan lingkungannya.

Riset ini menghasilkan nama-nama CEO idaman dengan image terbaik berdasarkan persepsi responden. Setelah melakukan seluruh rangkaian riset, didapatkan total 105 CEO idaman menurut Warta Ekonomi. 105 CEO idaman tersebut terdiri dari 90 CEO dalam masing-masing sektor, serta 14 CEO Special Mention. Beberapa nama CEO pemenang itu antara lain:

Top 5 Most Admired CEO in Start Up Sector
1. Nadiem Makarim - GoJek Indonesia
2. Achmad Zaky - Bukalapak.com
3. William Tanuwijaya - Tokopedia
4. Ferry Unardi - Traveloka Indonesia
5. M. Alfatih Timur - Kitabisa.com

Top 5 Most Admired CEO in Television Sector
1. Wishnutama Kusubandio - NET Mediatama
2. Atiek Nur Wahyuni - Trans Corp
3. Erick Thohir - Cakrawala Andalas Televisi
4. Suryopratomo - Metro TV
5. Rikard Bagun - Kompas TV

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)