Apresiasi untuk Karya dan Pemusik Indonesia

Musik Indonesia makin mendapat tempat di telinga masyarakat Indonesia. Demi mendukung kemajuan dan bertumbuhnya industri ini ke depan, RCTI menggandeng Billboard Indonesia untuk pertama kali di Asia dan Indonesia sebuah penghargaan musik kelas dunia yaitu Billboard Indonesia Music Awards 2020 (BIMA).

Dini Putri, Director of Programming and Production RCTI, mengatakan, langkah ini merupakan bentuk apresiasi kepada musisi Indonesia yang selama ini telah memberikan dedikasi waktu dengan berkarya, mencipta lirik dan lagu yang menjadi inspirasi banyak orang.

“Billboard dikenal sebagai salah satu penggerak tangga lagu populer di bisnis musik dunia, menjadi barometer bagi para musisi atas kesuksesan karyanya. Semoga dengan hadirnya program BIMA ini dapat membangkitkan semangat dan kreativitas para insan musik di tanah air,” jelasnya. Malam puncak perhelatan perdana BIMA 2020 akan disiarkan langsung RCTI pada 26 Februari 2020 dengan penampilan para nominasi.

Adib Hidayat, Editor-in-Chief Billboard Indonesia, menambahkan dengan gelaran ini diharapkan makin membuat musik Indonesia sehat dan tampil beragam warnanya dan memberikan kesejahteraan yang baik dengan tata kelola musik di Indonesia yang transparan dan bertanggung jawab.

Ia menyebut nominasi BIMA 2020 dari 13 kategori diperoleh dari perhitungan berbagai sumber data (music streaming platform, video streaming platform, radio, karaoke, social media engagement (Twitter, Instagram, Facebook) untuk Top Social Artist Awards selama Februari 2019-Desember 2019.

Kemudian dilakukan proses vote, demi menjaga akuntabilitas hasil voting digandeng lembaga independen Provetic. Menurut Setyawan, CEO Provetic Indonesia proses vote selama periode 20 Januari-20 Februari 2020 dari platform Instagram RCTI, Fan Page Facebook RCTI dan Aplikasi RCTI+ untuk menentukan pemenang BIMA 2020. “Perhitungan hasil vote di platform-platform tersebut kami pastikan hanya bisa satu kali untuk satu orang, vote berulang akan kami bersihkan,” tandasnya.

Aldo Sianturi, COO Billboard Indonesia, menerangkan bahwa kehadiran Billboard di Indonesia adalah sebagai perekat industri musik indo dengan musik global. Pembicaraan tentang ini sudah sejak pertengahan September 2019, sejak dirilis Billboard Indonesia Top 100.

“Kami pun membuat kalkulasi sesuai kategori-kategori. Kita tahu ada beberapa awarding lain seperti Anugerah Musik Indonesia. Kami tegaskan ini bukan persaingan. Justru saling mendukung agar industri ini berkembang lebih besar,” tandasnya.

Senada dengan Adib, ia juga berharap kerja sama dengan stasiun terbesar di Indonesia melalui Awarding yang akan diadakan setiap tahun ini akan makin mendukung karya-karya Indonesia setara dengan karya-karya global.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)