Apresiasi untuk Perusahaan Inovatif 2018

Perubahan zaman dan kondisi perekonomian yang tidak menentu turut memengaruhi kinerja perusahaan.

Beradaptasi dengan perubahan itu sendiri merupakan cara ampuh yang dapat dilakukan perusahaan untuk dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman, salah satunya dengan melakukan inovasi.

Inovasi dapat didefinisikan sebagai proses implementasi ide baru menjadi nilai atau produk dalam perusahaan, seperti meciptakan pelayanan baru, sistem dan proses baru, atau pun menyempurnakan hal-hal yang telah ada dalam perusahaan agar mejadi lebih baik. Inovasi dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa, menciptakan pasar baru, memperluas jangkauan produk, mengurangi biaya produksi, serta meningkatkan proses produksi.

Berkaitan dengan hal itu, Warta Ekonomi memberikan apreasiasi Most Innovative Business Award 2018. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pelaku industri di Indonesia yang mampu menghasilkan inovasi terbaik sehingga dapat terus berkembang dan berkompetisi dalam ketatnya persaingan industri.

“Dengan adanya penghargaan ini, pelaku bisnis diharapkan dapat terinspirasi untuk terus meningkatkan kinerja bisnis mereka melalui inovasi agar perekonomian Indonesia terus bertumbuh,” ujar Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi dalam siaran persnya di Jakarta (25/3/2018).

Bagaimana metodologi surveinya?

Menurut Ihsan, dalam menentukan perusahaan-perusahaan yang terpilih sebagai pemenang Most Innovative Business Award 2018, tim riset Warta Ekonomi melakukan penelitan dengan metode desk research. Cara ini dilakukan untuk menilai inovasi bisnis pada perusahaan-perusahaan di Indonesia melalui laporan terpublikasi. Kandidat pemenang ditentukan berdasarkan dari kinerja keuangan dan observasi tim riset atas inovasi yang telah dilakukan oleh perusahaan terkait.

Kriteria yang digali dalam desk research adalah sejarah dan citra perusahaan (1); inovasi produk dan jasa (2); strategi dalam proses produksi yang dilakukan perusahaan dalam upaya berkompetisi dan mengembangkan perusahaan tahun 2015–2017 (3).

Setelah mendapatkan seluruh informasi yang diperlukan, tim riset melakukan penilaian terhadap perusahaan-perusahaan terpilih untuk menentukan pemenang dalam setiap kategori industri.

Penelitian untuk menentukan perusahan yang inovatif dalam Most Innovative Business Award 2018 dilakukan berdasarkan empat bentuk inovasi, yaitu inovasi produk dan jasa, proses, organisasi, dan model bisnis. Pertama, inovasi produk dan jasa. Inovasi produk dan jasa adalah pengenalan terhadap produk atau jasa yang baru atau secara signifikan meningkat sehubungan dengan karakteristik atau penggunaan yang dimaksud.

Keberadaan inovasi dalam produk dan jasa suatu perusahaan ada jika terdapat perluasan lini produk atau jasa di perusahaan. Misalnya perusahaan mengeluarkan produk atau jasa yang baru bagi perusahaan, tetapi sudah tersedia di pasar, atau pun perusahaan mengeluarkan produk atau jasa yang benar-benar baru baik bagi perusahaan maupun bagi pasar.

Kedua, inovasi proses. Inovasi proses adalah elemen baru yang dikenalkan kepada suatu proses produksi atau operasi jasa perusahaan. Suatu perusahaan mengalami inovasi dalam proses jika perusahaan tersebut menggunakan bahan baku baru, mengalami mekanisme kerja baru, memiliki spesifikasi tugas baru, menggunakan peralatan baru, dan sebagainya.

Ketiga, inovasi strategi. Inovasi strategi dapat diartikan sebagai upaya perusahaan baik berupa visi, misi, maupun peningkatan input perusahaan (sumber daya manusia, metode, dan lain-lain) yang dapat mendorong terjadinya inovasi dalam perusahaan. Inovasi strategi dapat juga dilihat dari rencana perusahaan dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Keempat, inovasi pemasaran. Inovasi pemasaran digambarkan dengan terjadinya pengembangan metode pencarian pangsa pasar baru. Metode pemasaran baru yang melibatkan perubahan signifikan pada desain atau kemasan produk, penempatan produk, promosi produk, atau harga.

Ada pun beberapa pemenangnya antara lain:

Sektor Advertising, Printing, and Media:
- PT First Media Tbk
- PT Media Nusantara Citra Tbk
- PT MNC Sky Vision Tbk

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)