Aqua Japan Gairahkan Pasar Elektronik Rumah Tangga

Kenji Sadayuki Kenji Sadayuki, Presiden Direktur PT Aqua Japan Indonesia

Lesunya permintaan barang-barang elektronik rumah tangga justru membuat Aqua Japan, perusahaan asal Jepang, bangkit menggairahkan pasar Indonesia. Dengan meluncurkan inovasi terbaru peralatan elektronik rumah tangga berbasis Internet, Aqua Japan sengaja membuat terobosan di tengah anjloknya penjualan industri elektronik rumah tangga di negeri ini. “Kami menargetkan kenaikan penjualan 20% tahun ini,” ujar Kenji Sadayuki, Presdir Aqua Japan Indonesia, dalam acara peluncuran inovasi baru Aqua Japan awal Mei lalu.

Produk berbasis Internet yang diluncurkan Aqua Japan adalah AC Nebula Inverter yang dapat dikendalikan melalui jaringan Wi-Fi. AC ini memiliki keunggulan teknologi Aqua Nano yang punya efek membersihkan udara dan bunyinya lebih senyap. Hal serupa juga ada pada kulkas dan LED Smart TV dengan sensasi efek 3D. “Untuk kulkas, kami menghadirkan kulkas 4 pintu atau multidoor dengan kapasitas sangat besar dan desain mewah. Kulkas ini memiliki dua tempat penyimpanan untuk bahan makanan kering dan basah sehingga buah-buahan yang kita simpan tidak cepat busuk dan sayuran tidak cepat layu,” ungkap Kenji panjang lebar.

Produk inovasi yang terakhir diluncurkan adalah 4K Curved LED Smart TV. Dengan teknologi 4K, Kenji menjelaskan, teve ini memberikan sensasi gambar yang sangat jelas dan jernih, serta memberikan sensasi IMAX di rumah pengguna. “Televisi ini juga memberikan sensasi efek 3D karena curved design yang dimiliki. Selain itu, televisi ini pun sudah berbasis Internet. Didukung dengan operating system Android versi Kitkat, sehingga dapat digunakan untuk browsing maupun streaming di dunia maya," katanya.

Kenji meyakini, dengan karakteristik segmen menengah-atas yang punya pemahaman yang jauh lebih baik seputar teknologi dan sangat fasih dengan Internet, produknya pasti diterima pasar. Untuk itu, ia pun telah menyiapkan kegiatan komunikasi di berbagai saluran komunikasi above dan below the line (ATL dan BTL) dan akan memperkuat penggunaan saluran komunikasi digital sebagai saluran utama untuk meningkatkan kehadiran dan kredibilitas merek Aqua Japan.

Gleen Manengkei, GM Komunikasi Pemasaran PT Haier Sales Indonesia (Aqua Japan), menambahkan, kampanye baru tersebut bertajuk “Know You Better”. Seperti diketahui, cikal bakal merek Aqua Japan adalah merek Sanyo, yang masuk ke Indonesia tahun 1947. Pada 2006, di Jepang merek Sanyo berubah menjadi Aqua Japan yang kuat di produk mesin cuci. Tahun 2012, di bawah Haier Group, merek ini melakukan upaya strategis pengembangan pasar. Pada 2015, merek ini melancarkan upaya pengembangan pasar ke ASEAN, termasuk Indonesia, dan baru pada 2016 pasar global digarap lebih serius.

Menurut Glenn, pasar Aqua Japan adalah mereka yang berusia 25-40 tahun yang merupakan segmen produktif. Mereka berada di level keluarga muda, yang sedang bersemangat meraih mimpi. Mereka punya karakter mengeksplorasi produk baru yang inovatif, tidak mudah tergiur promo, dan lebih percaya pada reputasi dan kualitas produk.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)