Aqua Japan Gairahkan Pasar Elektronik Rumah Tangga

Kenji Sadayuki Kenji Sadayuki, Presiden Direktur PT Aqua Japan Indonesia

Lesunya permintaan barang-barang elektronik rumah tangga justru membuat Aqua Japan, perusahaan asal Jepang, bangkit menggairahkan pasar Indonesia. Dengan meluncurkan inovasi terbaru peralatan elektronik rumah tangga berbasis Internet, Aqua Japan sengaja membuat terobosan di tengah anjloknya penjualan industri elektronik rumah tangga di negeri ini. “Kami menargetkan kenaikan penjualan 20% tahun ini,” ujar Kenji Sadayuki, Presdir Aqua Japan Indonesia, dalam acara peluncuran inovasi baru Aqua Japan awal Mei lalu.

Produk berbasis Internet yang diluncurkan Aqua Japan adalah AC Nebula Inverter yang dapat dikendalikan melalui jaringan Wi-Fi. AC ini memiliki keunggulan teknologi Aqua Nano yang punya efek membersihkan udara dan bunyinya lebih senyap. Hal serupa juga ada pada kulkas dan LED Smart TV dengan sensasi efek 3D. “Untuk kulkas, kami menghadirkan kulkas 4 pintu atau multidoor dengan kapasitas sangat besar dan desain mewah. Kulkas ini memiliki dua tempat penyimpanan untuk bahan makanan kering dan basah sehingga buah-buahan yang kita simpan tidak cepat busuk dan sayuran tidak cepat layu,” ungkap Kenji panjang lebar.

Produk inovasi yang terakhir diluncurkan adalah 4K Curved LED Smart TV. Dengan teknologi 4K, Kenji menjelaskan, teve ini memberikan sensasi gambar yang sangat jelas dan jernih, serta memberikan sensasi IMAX di rumah pengguna. “Televisi ini juga memberikan sensasi efek 3D karena curved design yang dimiliki. Selain itu, televisi ini pun sudah berbasis Internet. Didukung dengan operating system Android versi Kitkat, sehingga dapat digunakan untuk browsing maupun streaming di dunia maya," katanya.

Kenji meyakini, dengan karakteristik segmen menengah-atas yang punya pemahaman yang jauh lebih baik seputar teknologi dan sangat fasih dengan Internet, produknya pasti diterima pasar. Untuk itu, ia pun telah menyiapkan kegiatan komunikasi di berbagai saluran komunikasi above dan below the line (ATL dan BTL) dan akan memperkuat penggunaan saluran komunikasi digital sebagai saluran utama untuk meningkatkan kehadiran dan kredibilitas merek Aqua Japan.

Gleen Manengkei, GM Komunikasi Pemasaran PT Haier Sales Indonesia (Aqua Japan), menambahkan, kampanye baru tersebut bertajuk “Know You Better”. Seperti diketahui, cikal bakal merek Aqua Japan adalah merek Sanyo, yang masuk ke Indonesia tahun 1947. Pada 2006, di Jepang merek Sanyo berubah menjadi Aqua Japan yang kuat di produk mesin cuci. Tahun 2012, di bawah Haier Group, merek ini melakukan upaya strategis pengembangan pasar. Pada 2015, merek ini melancarkan upaya pengembangan pasar ke ASEAN, termasuk Indonesia, dan baru pada 2016 pasar global digarap lebih serius.

Menurut Glenn, pasar Aqua Japan adalah mereka yang berusia 25-40 tahun yang merupakan segmen produktif. Mereka berada di level keluarga muda, yang sedang bersemangat meraih mimpi. Mereka punya karakter mengeksplorasi produk baru yang inovatif, tidak mudah tergiur promo, dan lebih percaya pada reputasi dan kualitas produk.

Karakter segmen yang dibidik Aqua Japan dinilai Glenn juga sangat dekat dengan dunia digital. Maka, kampanye Aqua Japan ke depan akan lebih fokus pada pemasaran digital. “Kami ingin meyakinkan bahwa Aqua Japan-lah yang lebih paham kebutuhan mereka melalui kampanye baru Know You Better ini,” kata Glenn.

Produk andalan Aqua Japan tahun ini, antara lain, mesin cuci Hijab Serie. Yang menarik, produk terbaru ini hanya ada di Indonesia. Memahami pasar konsumen Muslim Indonesia yang besar, mesin cuci ini diciptakan agar hijab tidak cepat rusak karena sering dicuci. Sebab, ketika hijab yang dicuci berada di tengah, ada semprotan di tengah agar kotorannya lepas. Pada mesin cuci biasa, jika digiling dengan kekuatan biasa, hijab akan melayang; sedangkan kalau terlalu kuat, akan ada di bawah akibatnya kotoran tidak terlepas sempurna dan hijab akan cepat rusak.

Target Gleen, produk Aqua Japan akan ada di 200 gerai modern di Indonesia. Pusat layanan juga akan lebih dikuatkan. “Sekarang sudah ada 158 service center di seluruh Indonesia, sekitar 3.000 outlet penjualan, juga ada call center dan online chat service center Aqua Japan,” ujar Gleen yang sekarang pun sudah menyiapkan dua tipe kampanye: untuk TVC dan digital.

Sumardy, CEO Buzz&Co, menyoroti nama Aqua Electronic yang sama dengan Aqua air mineral. Menurutnya, meskipun ada brand yang cukup terkenal di kategori lain, selama merek tersebut memiliki asosiasi merek yang positif dan bagus, tentu tidak akan memberikan permasalahan serius. Karena saat pertama kali mendengar merek tersebut, konsumen akan mengasosiasikannya dengan merek di kategori lain yang kredibilitasnya juga cukup bagus. Kondisi ini tidak menjadi kendala selama ekuitas mereknya tidak bermasalah. “Paling hanya menimbulkan pertanyaan pada saat melakukan brand searching, tapi tidak akan berpengaruh dalam proses brand evaluation dan decision making, “ ujarnya.

Justru Sumardy menilai langkah branding Aqua Electronic cukup menarik. Karena sasarannya adalah segmen menengah yang berusia produktif, Aqua telah memulainya dengan baik, yaitu dengan cara mengakrabkan diri dengan kebiasaan dan perilaku kelas menengah milenial tersebut. Kegiatan ATL dan BTL tradisional mulai dialihkan ke kegiatan berbasis online dan digital. “Ini menarik. Kemampuan Aqua Japan membangun direct personal communication menjadi kekuatan, dan sangat bermanfaat untuk jangka menengah dan jangka panjang,” katanya menegaskan.(Reportase: Hernimg Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)