AQUA Japang Bidik Segmen Menengah

Kenji Sadayuki, Direktur Utama AQUA Japan Indonesia, (kanan tengah) bersama manajemen AQUA Japan disela-sela AQUA Japan – Media Kick Off 2018”

Pertumbuhan bisnis elektronik tahun ini belum memenuhi harapan produsen elektronik. Target pertumbuhan industri ini hingga akhir tahun sekitar 10% (Rp 44 triliun) hingga semester I belum terlihat tanda-tanda mengembirakan. Hal ini disebabkan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan aksi sebagian masyarakat menunda pembelian elektronik.

Mengingat sebagian besar produk elektronik tersebut juga masih diimpor. Apalagi biaya produksi dan ongkos impor membengkak. Di tengah lesunya bisnis ini, beberapa produsen justru melihat celah pasar tersendiri untuk mendongkrak penjualan dan marketshare, salah satunya AQUA Japan.

Menurut Kenji Sadayuki, Direktur Utama AQUA Japan Indonesia, AQUA Japan Indonesia terus berinovasi mulai dari produk kelas menengah bawah pada tahun 2016, dan mulai mengarah pada produk menengah ke atas pada tahun 2017. "Tahun ini, AQUA Japan akan kembali berinovasi segmen menengah ke atas. Kami optimis akan mencapai target sampai 32% pada tahun ini dengan fokus memperluas penjualan di daerah Jawa, Lampung, dan Sulawesi," ujar Kenji. Dan, sebagai pendatang baru, AQUA Japan justru mengalami pertumbuhan sekitar 12%, tahun lalu, padahal pasar home appliance sedang lesu.

Dengan kampanye: “Home is Where Happiness is”, AQUA Japan Indonesia kembali membawa inovasi baru ke pasar elektronik Indonesia. Bila tahun lalu, AQUA Japan berhasil menjadi yang pertama kali di Indonesia meluncurkan mesin cuci dengan Hijab Mode, tahun  AQUA akan kembali dengan membawa inovasi barunya untuk pasar elektronik Indonesia. Pasarnya pun akan terus diperluas, tidak hanya fokus untuk penjualan pada daerah Jawa, Lampung, dan Sulawesi. "Tahun ini AQUA Japan akan fokus pada pasar semi modern,” kata Kenji.

Beberapa produk terbaru yang menjadi andalan seperti dari kategori kulkas, yaitu kulkas AQR-IG825AM. Kulkas ini memiliki luas 908 mm, dengan size yang ekstra ini, kulkas dapat menampung kapasitas isi sampai dengan 610 liter. Dengan ukuran XXL, refrigerator ini terbagi menjadi 3 bagian independent compartment, yakni refrigerator, freezer, serta switch zone compartment, dimana konsumen bisa menyimpan bahan makanan berdasarkan jenisnya serta kebutuhan suhu dan tingkat kelembabannya.

Produk lainnya, yang diluncurkan adalah mesin cuci seri FQW-120876QD. Mesin Cuci seri ini menghasilkan sinar UV selama pencucian yang mampu menghilangkan bakteri, kuman, dan dna virus selama pencucian.

Sedangkan untuk produk air conditioner (AC), AQUA Japan menghadirkan AC NEBULA Inverter series dengan didukung teknologi Wi-Fi, air fragrance, dan AQUA Fresh. AC Nebula Inverter dengan teknologi Wi-Fi, memungkikan konsumennya mengontrol AC dari mana saja.

Produk inovasi 2018 lainnya yang diluncurkan AQUA Japan adalah TV Quantum Dots. Berbeda dengan TV konvensional, TV Quantum Dots dapat menampilkan volume warna yang nyata serta memberikan kecerahan yang optimal.

Glenn Manengkei, Manajer Pemasaran Senior AQUA Japan Indonesia, menambahkan, tahun ini setelah mengenal para konsumen lebih baik, AQUA Japan akan membawa kebahagiaan lebih di dalam rumah anda melalui produk – produk elektronik rumah tangga. Untuk mendukung kampanye ini, AQUA Japan, dengan strategi Integrated Marketing Communication, akan tetap memberikan informasi mengenai produk elektronik rumah tangga kepada masyarakat.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)