Arah Loket.com Pasca Diakuisisi Go-Jek

Edy Sulistyo, CEO Loket

Sejak berdiri tahun 2013, Loket.com, perusahaan penyedia layanan pengelolaan khususnya tiket bagi penyelenggara event, telah menangani ribuan perusahaan maupun promotor dalam penyelenggaraan event berskala besar seperti konser musik, seminar bisnis, workshop, olah raga, dan lainnya.

Pasca diakuisisi oleh Go-Jek pada Agustus 2017, Loket secara penuh mengambil alih pengelolaan Go-Tix (mobile ticketing dan penyedia informasi acara hiburan), alhasil  Loket memiliki dan mengelola dua lini bisnis utama, yakni Loket for Business dan Go-Tix. Kondisi tersebut semakin memperkuat cengkeraman bisnis dari Loket.

Terbukti bahwa di kuartal kedua tahun ini, Loket meluncurkan layanan Loket.com. Sebuah platform digital untuk mendukung manajemen event bagi kalangan individu dan komunitas. Paltform ini ditargetkan untuk bisa memfasilitasi ribuan event berskala kecil dan menengah setiap tahunnya, berkaca dari semakin maraknya gerakan yang dilakukan oleh kalangan individu dan komunitas kreatif sebagai inisiator pergerakan sosial ekonomi yang memiliki kecenderungan dalam mengakses informasi lewat platform digital, tetap memiliki kebutuhan untuk mendapatkan live experience dari suatu kegiatan.

Edy Sulistyo, CEO Loket, mengatakan, bahwa timnya ingin mengembankan ekosistem pengelolaan event dan acara hiburan lainnya melalui berbagai inovasi teknologi. Ke depan,  Loket diproyeksikan dapat memfasilitasi ribuan event berskala kecil dan menengah setiap tahunnya, mellaui konsep platform ini yang self-service.

Teknologi adalah milik semua kalangan dan tidak boleh didominasi oleh segmen-segmen tertentu saja. Siapapun berhak untuk menikmati pengalaman meramaikan event melalui pengelolaan yang profesional, mudah dan aman. Sebelumnya Loket hanya menangani yang besar-besar, kini siapapun bisa mempromosikan kegiatannya untuk menarik lebih banyak pengunjung guna meningkatkan angka penjualan tiket.

Ia mengungkapkan, dengan diakusisi Gojek, Loket jadi terbantu untuk meyasar pada event creator skala kecil dan menengah. “Pada dasarnya Gojek mengakuisisi Loket bukan untuk mengubahnya, justru Gojek tertarik karena karakter Loket sejak awal yang memberikan dampak positif. Dengan akuisisi tersebut Loket bisa terbantu untuk menjamah event skala UMKM,”ujar Edy.

Peluncuran Platform Loket.com

Edy melanjutkan bahwa demi mencapai target tersebut, Loket menyajikan beberapa fitur unggulan untuk mempermudah siapapun mempromosikan eventnya. Seluruh proses dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online. Para event creator juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan kegiatannya di sederet rekan afiliasi, termasuk melalui aplikasi Go-Jek dengan layanan Go-Tix.

Ia juga melihat bahwa salah satu masalah utama yang dihadapi event creator adalah keterbatasan metode pemasaran tiket dan sarana promosi sehingga membuat kegiatan mereka kurang didengar oleh masyarakat luas. “Kami sebagai solusi untuk meningkatkan skala event para kreator lokal. Untuk pertama kalinya, event mereka berkesempatan untuk dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP) termasuk Blibli, Tiket.com Tokopedia, Jdi.id dan lainnya,” kata dia.

Platform tersebut  juga memberikan pilihan pembayaran elektronik melalui Go-Pay. Calon pengunjung bisa membayar tiketnya secara real time di website Loket.com dengan total waktu kurang dari 1 menit hingga proses pembayaran selesai. Loket.com sendiri akan mengambil komisi dari setiap pembelian tiket

Namun, Edy menambahkan, Loket.com juga memfasilitasi event yang sifatnya amal, alias tidak berbayar/bertiket. Ia mengungkapkan bahwa untuk jenis event tersebut, Loket tidak akan memungut komisi.“Karena spiritnya adalah membantu memberikan dampak positif kepada UMKM. Jadi kalau memang event nya gratis maka kami membiarkan mereka untuk memakai teknologi kami secara gratis juga,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!