Arsjad Rasjid, Anindya Bakrie, dan Hariyadi Sukamdani Berpeluang Jadi Ketua Umum Kadin

Selain Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie, nama Hariyadi Sukamdani digadang-gadang bakal menjadi penantang dalam bursa calon pemilihan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin. Wakil Ketua Umum Kadin Suryani Motik mengkonfirmasi bahwa Hariyadi belum resmi mendeklarasikan diri, namun nama itu dimungkinkan muncul menjelang musyawarah nasional atau munas.

“Bisa jadi Pak Hariyadi munculnya belakangan,” kata Suryani saat dihubungi Jumat, 5 Maret 2021.

Hariyadi Sukamdani saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. Dia sekaligus menjadi Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo.

Hariyadi belum memberi kepastian apakah dirinya akan bergabung dalam kontestasi pemilihan calon Ketua Umum Kadin menggantikan Rosan P. Roeslani yang belakangan diangkat menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Namun, Hariyadi hanya menyatakan bahwa ia belum mendeklarasikan diri ke anggota Kadin.

“Saya belum mendeklarasikan diri,” kata Hariyadi.

Menurut Suryani, nama Hariyadi tak asing bagi dunia usaha. Apalagi, ia dalam lima tahun terakhir aktif di Apindo sebagai pemimpin. Sebelumnya, Hariyadi juga aktif di Kadin.

Meski begitu, dua calon penantang Hariyadi pun memiliki posisi yang sama-sama kuat. Anindya Bakrie yang memiliki latar belakang Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk diuntungkan dengan posisi keorganisasiannya di Kadin yang lebih lama. Bahkan, Anindya saat ini menjabat posisi pengurus tinggi di Kadin.

“Pak Anin jelas posisinya lebih menguntungkan karena Wakil Ketua Bidang Organisasi dan lama di Kadin, jadi lebih dikenal,” kata Suryani.

Anindya juga menggelar safari di berbagai daerah. Beberapa waktu lalu, ia menemui Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan pengurus Kadin Sumatera Utara. Anindya juga bersambang ke pengurus Kadin Jawa Timur.

Sementara itu, untuk Arsjad Rasjid, Suryani mengatakan ia baru terlibat dalam kepengurusan Kadin dalam dua tahun terakhir. Namun, figur Arsjad yang memiliki latar belakang sebagai Direktur Utama Indika Energy tak kalah kuat.

“Pak Arsyad sangat tidak asing bagi dunia usaha karena CEO Indika,” tutur Suryani.

Arsyad sampai saat ini juga belum secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum Kadin. Namun ia mengakui telah berbicara dengan pengurus-pengurus Kadin di daerah hingga asosiasi dalam beberapa waktu terakhir.

Ia mengatakan komunikasi antara level pusat dan daerah sangat penting dilakukan untuk meningkatkan sinergi. Arsjad ingin Kadin memperkuat peran swasta dalam memulihkan perekonomian nasional setelah pandemi.

“Penting meningkatkan kapasitas kita secara nasional, terutama pelaku usaha, di dalam arena kompetisi yang makin ketat, ekonomi digital yang semakin luas ke semua sisi kehidupan kita di zaman ini dan yang akan datang,” kata Wakil Ketua Umum Kadin tersebut.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)