ASDP Prioritaskan Tiket Online Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Jajaran direksi ASDP saat media gathering layanan angkutan Natal dan tahun baru 2020. (foto: Jeihan Kahafi/SWA)

Menjelang Natal dan tahun baru 2020, PT ASDP lndonesia Ferry (Persero) meningkatkan layanan penyeberangan dan kepelabuhanan, khususnya di 9 lintasan terpantau nasional dengan target yang akan dilayani sebanyak 2,2 juta penumpang dan 305 ribu kendaraan roda empat. ASDP fokus dalam peningkatan layanan berbasis digital agar masyarakat dapat membeli tiket kapal penyeberangan secara online.

Direktur Teknik dan Operasional ASDP Indonesia, Ferry La Mane, menyampaikan bahwa penumpang yang membeli tiket secara online akan mendapatkan jalur prioritas yang berbeda dengan penumpang yang mengantre saat membeli tiket di pelabuhan. “Dengan beli tiket online, pengguna jasa dapat lebih mudah sehingga tidak harus antre membeli tiket di pelabuhan. Kini, di empat pelabuhan utama Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk juga telah disediakan vending machine, di mana penumpang pejalan kaki tetap dimudahkan jika ingin membeli tiket di pelabuhan dengan transaksi pembayaran non tunai dan langsung cetak boarding pass,” ujar La Mane di Jakarta, (19/12).

Menurutnya dengan pembelian tiket online, kapasitas dermaga juga menjadi terkendali, dan peianggan pun nyaman karena memiliki kepastian rentang waktu, mulai dari tiba di dermaga dan saat naik ke kapal. Penumpang dapat mempersiapkan perjalanan kapal ferry dengan melakukan pembelian tiket secara online.

Dalam angkutan Natal dan tahun baru 2020, berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari sarana dan prasarana, fasilitas pendukung dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan. Khususnya di lintas tersibuk Merak-Bakauheni, yakni melakukan pengaturan kapal yang beroperasi dengan mengoperasikan kapai-kapal berukuran besar pada kondisi puncak, meningkatkan pelayanan di pelabuhan (menambah toll gate kendaraan roda empat, pengaturan parkir, manajemen lalu lintas, percepatan proses bongkar muat kapal serta peningkatan kualitas layanan).

Penyelenggaraan angkutan Natal dan tahun baru dimulai pada 19 Desember 2019 dan berakhir pada 6 Januari 2020. Adapun 9 lintasan penyeberangan yang terpantau nasional selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 yaitu: Merak Bakauheni atau lintasan tersibuk yang dikelola, Ketapang - Gilimanuk, Padangbai - Lembar, Kayangan - Pototano, Tanjung Kelian - Tanjung Api-api, Bitung - Ternate, Hunimua - Waipirit, Ajibata - Ambarita dan Telaga Punggur - Tanjung Uban.

Prediksi total penumpang yang dilayani selama angkutan nataru sebanyak 2,23 juta orang atau naik 4,7 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 2,13 juta orang. Diikuti kendaraan roda 4 sebanyak 305.173 unit atau naik 4,6 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 291.650 unit, dan roda 2 sebanyak 175.100 atau naik 4,2 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 168.072 unit.

Untuk memenuhi dan mengantisipasi jumlah penumpang, ASDP telah memastikan kesiapan alat produksi di 9 lintasan terpantau nasional selama angkutan Natal dan Tahun Baru akan dilayani oleh 48 dermaga dan 187 unit kapal (termasuk swasta), yang tersebar di 15 unit pelabuhan dan 11 cabang pelayanan yang berada di sejumlah kota Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)