ASPERINDO Majukan E-commerce di Perhelatan SHOP 2018

Belakangan ini, e-commerce merupakan bagian dari e-business yang tidak hanya perniagaan, tetapi juga mencakup kolaborasi dari mitra bisnis seperti usaha kecil menengah (UKM), online store, marketplace, pembayaran non tunai (e-payment) dan perusahaan perposan (jasa pengiriman).

Industri e-commerce di dunia semakin berkembang. Dan Indonesia, menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat dan memiliki potensi yang sangat besar.

Namun, angka kontribusi produk lokal dari UKM yang masuk di online marketplace Indonesia masih terbilang sangat kecil. Dalam hal ini presentase angkanya masih debatable.

ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia), selaku wadah dari perusahaan-perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang maupun dokumen, baik yang bergerak di sektor kurir maupun kargo, memiliki peran penting dalam industri ini.

Dengan tujuan mendukung perkembangan industri e-commerce Indonesia, ASPERINDO bersama PT Mediatama Binakreasi, untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan SHOP! (Showcase of Online People) pada 23 – 25 Agustus 2018 di Hall 3A – ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.

Dengan mengusung tema “Off to Global Online Market”, SHOP akan menghadirkan 200 booth pameran yang diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh representasi stakeholder e-commerce di Indonesia.

M. Feriadi, Ketua Umum ASPERINDO, menjelaskan, berbagai lembaga riset dan media telah menjelaskan tentang potensi e-commerce di Indonesia yang sangat besar. Lebih dari 500 penyelenggara pos dan logistik, baik,anggota maupun non anggota ASPERINDO, yang memiliki lebih dari 40.000 cabang, gerai dan agen layanan yang tersebar di seluruh nusantara hingga ke pelosok, berperan penting dan telah siap mendukung e-commerce di Tanah Air.

Sehubungan dengan itu, diharapkan SHOP mampu mempertemukan seluruh stakeholder e-commerce. Hal tersebut sebagai implementasi peran ASPERINDO dalam mengupayakan perkembangan kontribusi produk lokal UKM Indonesia di online marketplace, menyajikan pengalaman pameran kolaborasi dari seluruh stakeholder industri e-commerce, serta mengedukasi pemanfaatan teknologi digital guna mengangkat karya dan budaya terbaik UKM kreatif bangsa ke kancah global.

SHOP juga menjadi kesempatan istimewa untuk membahas kiat menjadi eksportir sukses serta berbagi kisah sukses usaha ekspor. Oleh karena itu, dalam event ini juga diselenggarakan Indonesia SME’s Global Course dengan tema “Peranan Platform E-commerce Internasional dalam Mendukung Produk Local Go Global” yang menghadirkan lebih dari 300 peserta UKM untuk bergabung dalam course. Program menarik lainnya adalah talkshow, coaching clinic, dan masih banyak lagi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)