Assesment Center Diharapkan Menjawab Tantangan VUCA

Perkembangan teknologi yang begitu cepat mengakibatkan dunia bisnis  dilanda era VUCA

Perkembangan teknologi yang begitu cepat mengakibatkan dunia bisnis  dilanda era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity & Ambiguity). Ketua PASSTI (Perkumpulan Assessment Center Indonesia), Teuku Zilmahram, menjelaskan bahwa saat ini tidak ada satu perusahaan pun yang terjamin aman dari gelombang disrupsi akibat VUCA.

Menurutnya, hal ini juga akan berpengaruh pada bidang SDM sehingga diperlukan kesungguhan untuk mempersiapkan SDM dalam menghadapi Era ini. Upaya pengembangan SDM yang berkualitas unggul, memiliki karakter kuat, daya tahan dan daya saing tinggi menjadi hal yang sangat penting khususnya yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Organisasi harus bertranformasi agar mampu bertahan dan berkembang di era VUCA, tentu hal ini mendorong para pemimpin pada semua tingkat jabatan untuk melaksanakan transformasi menghadapi Era VUCA ini.

"Memiliki pemimpin yang tepat menjadi krusial bagi keberhasilan transformasi dan keberlangsungan serta perkembangan organisasi," ujarnya dalam Kongres Nasional Assessment Center Indonesia (KNACI) V di Jakarta.

Dilatarbelakangi hal tersebut maka Assessment Center diyakini sebagai metode yang memiliki validitas tinggi dalam menilai perilaku sumber daya manusia dan dalam memilih pemimpin berkualitas unggul dan tangguh. Metode Assessment Center saat ini digunakan secara luas di instansi pemerintah, perusahaan nasional, dan multinasional dari berbagai industri, maupun organisasi di sektor lainnya.

Dalam kesempatan yang sama Irjen Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan bahwa tantangan utama Assesment Center kurangpahamnya pegawai (pemimpin/pelaksana) terhadap seberapa pentingnya penilaian kompetensi para pegawai. Selain itu terbatasnya sumber daya untuk melakukan penilaian kompetensi.

Sehingga Assesment Center diharapkan bisa memberikan gambaran kebutuhan pengembangan pegawai. "Tujuan Assesment Center ini juga untuk memperoleh kader potensial untuk pemimpin ke depan," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
PASSTI PPM VUCA

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)