Marketing Trends

Astindo Travel Fair 2022 Berikan Subsidi Diskon 5 Destinasi Super Prioritas

Astindo Travel Fair 2022 Berikan Subsidi Diskon 5 Destinasi Super Prioritas

Seiring dengan misi untuk mereaktivasi industri pariwisata dan mendukung pemulihan ekonomi nasional, Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) akan kembali menggelar Astindo Travel Fair 2022 tanggal 1 hingga 4 September 2022 di Atrium Utama Pusat Perbelanjaan PIK Avenue Jakarta Utara.

Sejak tahun 2011 hingga 2020, Astindo rutin menyelenggarakan Astindo Fair. Lalu, tahun 2021 lantaran pandemi Covid-19, diadakan Astindo Virtual Travel Fair 2021, dengan tujuan untuk membantu para anggota (travel agent) di seluruh Indonesia agar dapat melakukan promosi kepada masyarakat dengan harga terjangkau.

Astindo berkolaborasi dengan pusat perbelanjaan Mall PIK Avenue dengan pertimbangan agar lebih mudah dijangkau masyarakat mengingat Pantai Indah Kapuk menjadi destinasi wisata yang sedang hits di Jakarta.

Mengacu kepada instruksi Pemerintah RI, agar masyarakat diminta tetap patuh pada protokol kesehatan, dan harus dapat menggeliatkan roda perekonomian, Ketua Umum Astindo Pauline Suharno yang juga menjabat sebagai Presiden Federation of ASEAN Travel Association memberanikan diri untuk mengulang kesuksesan Astindo Travel Fair di Semester I/2022.

Pauline mengatakan, saat ini, travel agent sedang semangat berjualan setelah dua tahun menderita, dengan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestik maupun internasional, pihaknya berpendapat saat ini adalah momentum yang tepat untuk membantu masyarakat untuk bisa berjalan-jalan dengan harga terjangkau.

Presiden RI Joko Widodo pun sudah menginstruksikan untuk menstabilkan harga tiket pesawat. “Kami pun membantu memberikan harga promosi tiket dan paket wisata dengan memberikan potongan harga hingg Rp 1 juta dan mengedukasi masyarakat untuk membeli via reliable source, travel agent bonafide dan sudah eksis puluhan tahun serta berpengalaman dalam mengelola perjalanan wisata,” kata Pauline.

Harapannya tentu saja agar travel agent dapat menaikkan sales, apalagi melihat kondisi Semester I/2022, terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2022 – Juli 2022,” tambah Pauline. Selain itu Astindo juga menyediakan lahan bebas biaya alias gratis khusus untuk anggota Astindo dari berbagai daerah untuk mempromosikan paket wisata domestik memperkenalkan desa wisata di Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Astindo Travel Fair Anton Sumarli menyampaikan acara ini akan diselenggarakan secara offline dan online, sehingga para pengunjung selain dapat langsung menuju Mall PIK Avenue dan dapat melihat showcase travel fair melalui website Astindovirtualtravelfair.com serta berinteraksi langsung dengan travel assistant dari travel agent peserta Travel Fair.

Sebanyak 25 travel agent, 15 maskapai penerbangan baik domestik dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, Eva Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Malaysia Airlines, Pelita Air, Philippine Airlines, Qatar Airways, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air dan Nam Air menyemarakkan pameran Astindo ini.

Dan tak ketinggalan badan promosi pariwisata luar negeri memeriahkan Astindo Travel Fair 2022, yaitu Philippine Departement of Tourism, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand, Taiwan Tourism dan Japan National Tourism Organization.

Penyelenggaraan Astindo Travel Fair 2022 didukung oleh Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Astindo juga berkolaborasi dengan BCA sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan transaksi pembayaran melalui payment link dan potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA. Setiap transaksi tiket selama pameran juga akan mendapatkan free travel insurance dari BCA Insurance serta voucher belanja dari PIK Avenue.

“Harga promo berlaku hingga tahun depan sehingga masyarakat lebih leluasa dalam merencanakan perjalanan, karena dengan membeli lebih awal (early bird) harga akan lebih kompetitif. Galileo Travelport Indonesia dan ATI Technology turut berperan dalam menyediakan platform reservasi serta display bagi pengunjung virtual,” ungkap Pauine.

Pauline mengharapkan, selama 4 hari Astindo Travel Fair 2022 berlangsung, dapat dihadiri oleh lebih dari 15.000 pengunjung langsung, selain juga dihadiri secara online dari berbagai penjuru Indonesia.

Guna mendukung program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Astindo akan memberikan subsidi harga tiket pada Paket Wisata Domestik, khususnya untuk lima Destinasi Super Prioritas, sehingga paket-paket wisata tersebut akan lebih terjangkau.

“Kami berharap Astindo Travel Fair 2022 menjadi salah satu pemicu semangat bagi teman-teman travel agent. Kami secara konsisten sejak pandemi terus berupaya mengadakan aktivitas untuk para anggota, mulai dari training, webinar, talk show, travel mart, travel fair. Tujuannya, agar anggota asosiasi dapat mengembangkan bisnis dan berperan aktif dalam pengembangan industri pariwisata Indonesia pada umumnya,” Pauline menguraikan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved