Astra Ventura Dorong Kemajuan UKM Indonesia

Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Prijono Sugiarto berkunjung ke pabrik PT Laksana Tekhnik Makmur yang berlokasi Cileungsi, Kabupaten Bogor (5/9).

PT Astra Mitra Ventura (Astra Ventura), anak perusahaan Grup Astra di bidang jasa keuangan modal ventura hari ini (5/9/2017) mengunjungi UKM manufaktur komponen otomotif. Kunjungan dalam rangka Genba Astra ini merupakan wujud nyata Astra Ventura untuk mendukung UKM yang juga menjadi mitra usahanya untuk “naik kelas”.

Genba Astra tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Daya Saing UKM Industri Manufaktur melalui Inovasi dan Sinergi.” Astra Ventura memberikan kesempatan untuk mitra usaha mereka menunjukkan kualitas produksi dan kreativitas pengembangan produk mereka. Harapannya, dapat memunculkan peluang pasar bagi bisnis mereka dengan value chain Grup Astra.

Peresmian ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Prijono Sugiarto, didampingi oleh Presiden Komisaris Astra Ventura Suparno Djasmin dan Presiden Direktur Astra Ventura Jefri R. Sirait. Kunjungan dilakukan ke PT Laksana Tekhnik Makmur dan PT Rekadaya Kreasi Indonesia.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) bersama Presiden Komisaris PT Astra Mitra Ventura (AMV) Suparno Djasmin (kedua kiri), Komisaris AMV Johannes Loman (kedua kanan) dan Presiden Direktur AMV Jefri R. Sirait (kanan)

Inovasi dan sinergi kedua mitra usaha Astra Ventura dibutuhkan untuk menciptakan dukungan Astra terhadap peran UKM di Indonesia. PT Laksana Tekhnik Makmur merupakan manufaktur komponen otomotif original equipment manufacturer (OEM) metal dan plastik. Sedangkan PT Rekadaya Kreasi Indonesia adalah manufaktur komponen otomotif non-woven felt. Kedua UKM yang berlokasi di Cileungsi ini merupakan binaan YDBA dan PT Laksana Tekhnik Makmur telah berhasil mengembangkan bisnisnya dengan melakukan diversifikasi produk ke sektor maritim dan alat kesehatan.

Prestasi diraih oleh PT Rekadaya Kreasi Indonesia atas keberhasilannya menjadi inisiator dan penemu Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk komponen peredam suara berbahan dasar tekstil. Keberhasilan ini tak pelak dari peran Astra Ventura dan YDBA yang senantiasa melakukan pembinaan untuk melakukan inovasi dalam pengembangan berbagai produknya. Menurut Presiden Direktur Astra Ventura, Jefri R. Sirait, goal UKM yang menjadi mitra usaha Grup Astra adalah menjadi next level dengan terus melakukan inovasi dan sinergi.

“Inovasi penting untuk meningkatkan competitiveness dari UKM, kami bertujuan agar mereka memiliki pertumbuhan yang sustainable. Sehingga mereka bisa naik kelas dari kecil ke menengah, ataupun bahkan dari menengah ke besar seperti PT Laksana Tekhnik Makmur,” ujar Jefri.

Melalui program pengembangan serta pelatihan-pelatihan yang diberikan Astra diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pertumbuhan mereka. Sinergitas dengan seluruh roda penggerak industri seperti pemerintah dan instansi terkait juga sangat diperlukan. “Astra Ventura memberikan pendampingan dan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan mitra usaha, kami juga bersama mengembangkan bisnis mereka melalui program-program yang memperluas pasar,” ujarnya. Astra Ventura berusaha mempertemukan para UKM dengan agen pemegang merek otomotif dan lini bisnis Astra lainnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)