Astra Ventura Fokus Bina Pengembangan UMKM Otomotif

Presiden Direktur Astra Ventura, Jefri Rudyanto, mengatakan, pihaknya memfokuskan pembinaan 70 persen UMKM di bidang manufaktur otomotif. Hal tersebut terkait dengan fokus dari Astra Ventura untuk terus menumbuhkan industri otomotif di Indonesia. "Jangan sampai kita mengerjakan bidang yang bukan kita kuasai," kata Jefri dalam acara kunjungan lapangan atau Genba PT Astra International di Kawasan Industri Jatake, Serang, Banten (14/9/2016). Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Prijono Sugiarto, memimpin langsung kunjungan tersebut.

IMG_7602

Dalam pembinaan UMKM, lanjut Jefri, fokus pada peningkatan produktifitas dan standar kualitas dari produk yang dihasilkan. Dalam hal produksi, peningkatan kuantitas dan kualitas harus berjalan bersamaan. "Kami tidak membicarakan target volume, tetapi kesehatan perusahaan UMKM," jelas Jefri.

Proses pendampingan yang dilakukan pihak Astra Ventura lebih banyak memberikan pemecahan masalah terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan produksi, dan keuangan perusahaan. Pendampingan tersebut dilakukan dengan memberikan pelatihan maupun diskusi dengan stakeholders terkait.

Dalam Genba yang dilakukan tim jajaran direksi Astra International terdapat empat perusahaan dengan jenis produksi berbeda yang dikunjungi. Salah satu perusahaan misalnya, PT Galunggung Indosteel Perkasa (GIPE), yang memproduksi fastener yang berfokus pada after market part. Perusahaan tersebut menjadi mitra Astra Ventura sejak 2014 silam. Saat ini, GIPE telah menjadi supplier Astra Komponen Indonesia dan Astra Otoparts Group. "Kalau mereka bekerja dengan baik, keuntungannya akan kembali ke Astra juga," jelas Jefri.

Adapun pihak Astra Ventura menargetkan 10 hingga 15 perusahaan yang menjadi mitra usaha Astra. Dana yang dikucurkan hingga akhir tahun 2016 mencapai Rp 150 miliar. Sejak 25 tahun perjalanan Astra Ventura, tercatat 395 perusahaan UMKM telah dibiayai yang tersebar di seluruh Indonesia. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)