Asuransi Sinar Mas Bayar Total Klaim HIO Rp14,80 Miliar

Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas menyerahkan klaim Hole in One. (Foto : Dok ASM)

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali menunjukkan kecepatan pembayaran klaim dengan membayarkan klaim Hole in One (HIO) berupa satu unit kendaraan Toyota Fortuner senilai Rp 476,05 juta hanya dalam waktu dua hari sejak peristiwa.

Pemenang HIO di event “8th Otoritas Jasa Keuangan Golf Exhibition - Kontributif dan Inklusif Membangun Negeri” yang diselenggarakan pada 17 November 2019, diraih Mudjiharno M. Sudjono, Direktur Utama Dana Pensiun BRI, yang berhasil mendapatkan Hole in One pada Hole 16 dari Senayan Golf Course. Sejak diluncurkan kembali tahun 2013 hingga 2019, ASM telah membayar klaim Hole In One dengan total nilai klaim sebesar Rp 14,80 miliar.

Mudjiharno merupakan pemukul pertama di flight tersebut. Nilai klaim yang dibayarkan setelah dikurangi risiko sendiri (deductible) sebesar Rp 428,44 juta. “Ini merupakan bukti komitmen Asuransi Sinar Mas kepada nasabah. Perusahaan berusaha membayar klaim secepat-cepatnya setelah semua syarat terpenuhi,” ujar Ketut P Swastika, Direktur ASM dalam keterangan tertulis di Jakarta, (20/11/2019).

Ketut menyebutkan untuk pembayaran klaim Hole in One itu rata-rata dilakukan dalam rentang waktu 2-5 hari sejak kejadian. “Kali ini bahkan hanya dalam waktu 2 hari,” lanjut Ketut. Mudjiharno mengapresiasi pembayaran klaim HIO ini sangat cepat dan pelayanan nasabah yang diberikan dari staf dan direksi ASM yang responsif.

Kronologi kejadiannya, 17 November 2019 terjadi Hole In One, keesokan harinya pada 18 November, Mudjiharno dihubungi setelah proses klaimnya diselesaikan. Seremonial klaim dan penyerahan mobil terlaksana pada 19 November 2019 lantaran Mudjiharno sedang ada kegiatan workshop. Jadi semua proses klaim rampung selama dua hari. “Hal ini menunjukkan kualitas dari Asuransi Sinar Mas sebagai asuransi papan atas di Indonesia,” ucap Mudjiharno.

Dumasi M. M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas, menyebutkan biasanya pembayaran klaim Hole in One itu berikan dalam bentuk uang. “Pada Minggu di akhir pekan lalu, kami mendapat laporan bahwa ada klaim Hole in One dan pemenangnya menginginkan dalam bentuk mobil. Meski hari Minggu, kami berupaya menghubungi showroom mobilrekanan dan berupaya untuk segera memenuhi permintaan tersebut,” tutur Dumasi.

Dia bersyukur mobil yang diinginkan nasabah itu tersedia yang diserahkan ASM pada Rabu pekan ini dan disaksikan Darmansyah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Beberapa kali, OJK menggunakan Asuransi Sinar Mas untuk turnamen Hole In One. Proses yang dilakukan sejak pengajuan dan penerbitan polis sangat cepat.

"Untuk pembayaran klaim, pertama kali saya saksikan pada hari ini, sangat surprise. Apa yang diharapkan oleh klien, yaitu pengadaan mobil secara fisik langsung direspons dengan positif tanpa keberatan dan dalam waktu kurang dari dua hari sudah selesai,” ujar Darmansyah, Ketua HUT OJK yang ke-8. Ia berharap pelayanan yang prima ini bisa menular ke industri maupun asuransi lainnya.

Simas Hole in One merupakan produk unggulan dari ASM yang memberikan perlindungan bagi event organizer yang menyelenggarakan tournament golf yang memberikan hadiah Hole in One. Simas Hole In One memiliki keunggulan seperti premi yang kompetitif, besarnya kapasitas yang dimiliki Asuransi Sinar Mas, akseptasi one day service, serta pembayaran klaim yang cepat.

ASM hingga bulan Oktober 2019 ini berhasil membukukan premi bruto sebesar Rp. 8,69 triliun, meningkat 60% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 yang senilai Rp 5,42 triliun.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)