Asuransi Sinar Mas Merambah Tik Tok

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) menambah kanal penjualan produk asuransi di Tik Tok bisnis untuk memperluas cakupan penjualan kepada konsumen, terutama calon nasabah dari generasi milenial. Hal ini dilakukan ASM seiring dengan perubahan perilaku masyarakat yang beralih ke paltformd digital dan penetrasi pengunduh aplikasi Tik Tok di Indonesia. Selian itu, ASM mengoptimalkan Tik Tok sebagai kanal digital untuk menggenjot literasi keuangan ke publik di ranah virtual. “Kami (Asuransi Sinar Mas) dalam waktu dekat ini akan ada di aplikasi Tik Tok,” ujar Dumasi M M Samosir, Direktur ASM di sela-sela jumpa pers virtual di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Tik Tok menambah kanal digital ASM di media sosial. Dumasi menyebutkan ASM sudah mengaktivasi akun di Facebook, Twitter, You Tube, dan Instagram. Penambahan kanal digital itu diharapkan memudahkan nasabah dan calon nasabah ASM untuk mengakses pembelian dan informasi mengenai seluruh produk asuransi ASM, termasuk produk asuransi terbaru. ASM pada awal pekan ini meluncurukan jaminan perluasan Covid-19 di asuransi perjalanan Simas Travel.

Peluncuran jaminan Covid-19 Simas Travel ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang memicu pemerintah menerapkan peraturan yang membatasi mobilitas masyarakat berpergian lintas daerah dan negara. Saat ini, pemerintah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mendorong perekonomian yang beriringan dengan mengampanyekan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). “Sesuai dengan misi perusahaan untuk selalu melakukan inovasi produk, ASM meluncurkan perluasan jaminan Covid-19 produk Simas Travel. Jaminan ini kami siapkan untuk nasabah yang harus melakukan perjalanan bisnis dan perjalanan mendesak lainnya di dalam negeri maupun ke luar negeri,” tutur Dumasi.

Simas Travel merupakan produk asuransi perjalanan ASM yang memberikan perlindungan saat melakukan perjalanan, baik perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata. Terdapat 2 jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan yaitu simas travel overseas, simas travel domestik. “Jaminan perluasan Covid-19 akan menjamin biaya perawatan medis akibat Covid-19 selama dalam perjalanan. Dengan adanya jaminan tambahan ini kami berharap dapat menjawab kebutuhan nasabah khususnya untuk mereka yang diharuskan melakukan perjalanan ke negara yang mensyaratkan adanya jaminan asuransi yang mengcover risiko akibat COVID-19”, lanjut Dumasi menambahkan.

Produk asuransi simas travel ini dapat diakses dan dibeli dengan online melalui aplikasi piranti bergerak (mobile application) Asuransi Sinar Mas Online serta situs Sinarmas. Aplikasi Asuransi Sinar Mas Online dapat diunduh di sistem operasi Android dan iOS. Selain fasilitas informasi produk dan pembelian asuransi, Asuransi Sinar Mas Online juga memiliki berbagai fasilitas layanan lain seperti pengajuan klaim, cek progress klaim, cek jaminan polis, konsultasi dokter simas sehat, cek kesehatan online, cek RS provider, dan lain-lain.

Literasi Keuangan
Dumasi menambahkan dampak pandemi terhadap pola kerja ASM adalah mempercepat transformasi digital. “Pegawai saling berkolaborasi, contohnya program literasi keuangan terus dilakukan dan diubah dari tatap muka konvesional ke virtual, frekuensi program literasi keuangan semakin banyak kami lakukan di berbagai wilayah, kalau dulu 5-10 kota per tahun, kini per bulan di setiap kota di masa pandemi,” tutur Dumasi. Pada Oktober lalu, misalnya, ASM mengadakan literasi keuangan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Peserta sangat apresiatif. Selain itu, ASM rutin mengadakan seminar virtual atau webinar mengenai kesehatan.

Sebelumnya, ASM pada Oktober 2020 menggelar literasi keuangan virtua di bulan Inklusi Keuangan serta Hari Asuransi, 18 Oktober 2020, di beberapa kota. Literasi keuangan dibuka pada 1 Oktober 2020 dengan memberikan edukasi keuangan online bertema Ayo Belajar Asuransi bagi siswa-siswi SDN 51 Cakranegara, Lombok, Nusa Tenggara Barat dan dilanjutkan pada tanggal 02 Oktober 2020 bagi siswa-siswi SDN 49 Cakranegara, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Siswa-siswi diberikan edukasi keuangan berupa pengenalan asuransi dalam bentuk dongeng/story telling mengenai asuransi dan kebiasaan menabung sejak dini. Selain itu peserta juga diberikan edukasi mengenai 3M dari dokter Simas Sehat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meskipun literasi dilakukan secara virtual, namun tidak mengurangi semangat dan antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan ini khususnya dalam sesi tanya jawab.

Kegiatan literasi keuangan selanjutnya telah diadakan pada tanggal 8 Oktober 2020 untuk siswa SMK 1 Strada, Jakarta dan siswa SMK Kanisius Unggaran, Semarang, pada 9 Oktober 2020 bagi. Materi edukasi keuangan yang diberikan meliputi pengenalan lembaga jasa keuangan, pengenalan asuransi, asuransi mikro serta pencegahan Covid-19 melalui 3 M.

Pada kegiatan literasi keuangan ini, ASMmembagikan buku cerita dan mewarnai mengenai asuransi (bagi siswa SD), asuransi mikro serta celengan impian untuk media menabung. Asuransi mikro Simas siswa mikro diberikan kepada siswa sementara untuk guru mendapatkan asuransi mikro simas perlindungan.

ASM mengadakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan sejak 2015. Setiap tahunnya kegiatan diadakan dengan target sasaran siswa, petani, ibu rumah tangga dan juga UMKM dengan wilayah pelaksanaan di fokuskan di luar pulau Jawa. Untuk Oktober lalu, pelaksanaan kegiatan literasi dan inklusi keuangan masih akan berlanjut di beberapa wilayah di Kalimantan dan Papua. “Kami melakukan literasi keuangan sebagai bentuk sumbangsih kami untuk bisa meningkatkan pengetahuan seluruh masyarakat untuk paham mengelola keuangan dan mengenalkan asuransi. Dengan paham mengelola keuangan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan,” ujar Dumasi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)