ASUS ROG, Sukses Branding lewat Kolaborasi

Terpilih sebagai The Best Brand Champion for Marketing Communications Collaboration dalam ajang Indonesia Brand Forum (IBF) 2022, ASUS ROG (Republic of Gamers) raih sukses branding berkat program kolaborasinya dengan komunitas gamers.

Gamer sedang bermain game dengan menggunakan ASUS ROG (Republic of Gamers). (sumber foto: channel.asus.com)

Dalam ajang IBF Conference 2022 yang berlangsung 20 September 2022, dewan Juri yang terdiri dari para pakar branding nasional menilai program kolaborasi ASUS ROG dengan para gamers telah menampilkan apa yang disebut kerjasama antara brand dengan komunitas, khususnya dalam marketing collaboration.

“Kami menilai ASUS ROG sukses menggalang kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi pemasaran dengan komunitas para gamer yang bersifat win-win. Para gamers bisa mendapat experience saat merasakan hasil pengembangan dan inovasi ASUS ROG lewat tes-tes produk yang dilakukan, sementara pihak ASUS ROG sendiri menerima input dari para gamers, juga streamers dan content creators, untuk menyempurnakan lebih lanjut teknologi yang mereka kembangkan. Kolaborasi ini juga turut menguatkan ekosistem game industry di Tanah Air,” papar Yuswohady, Program Director IBF. Program kolaborasi ASUS ROG dengan komunitas gamers itu sendiri menjadi salah satu pemenang dari 13 pemenang IBF Awarding 2022 lainnya yang telah diseleksi dan dikurasi secara ketat.

Komputer ASUS ROG (sumber foto: https://channel.asus.com)

ASUS ROG (Republic of Gamers) adalah adalah lini produk ASUS yang berfokus pada hardware untuk gaming profesional. Merunut ke belakang, ASUS ROG dibuat pada tahun 2006 dengan tujuan menghasilkan PC gaming tercanggih untuk para gamers, terutama kalangan game enthusiast. Di tahun-tahun itu, ASUS, perusahaan dari Taiwan itu ingin bisa mencicipi industri gaming dunia yang begitu dikuasai game console (PlayStation, dll). Dengan menghadirkan PC atau laptop gaming yang kuat, ASUS berharap volume bisnisnya turut membesar, memperkuat lini produk sebelumnya (kelas bisnis) yang diarahkan untuk meningkatan produktivitas (kerja atau belajar). Sejak awal, pilihan nama Republic of Gamers (ROG) menunjukkan brand positioning lini produk ini memang sangat kuat: menyasar para game enthusiast.

Yang menarik, strategi branding dan marketing yang dipilih ASUS untuk membawa produk barunya ini segera mendominasi pasar, adalah menjalin kolaborasi dengan ekosistem yang selama ini menjadi elemen utama industri gaming di dunia: para pemain, alias gamer serta para overclocker, mereka yang senang mengetes kemampuan hardware komputer atau laptop hingga batas yang gila-gilaan.

Itulah sebabnya tak lama setelah peluncurannya, ASUS ROG begitu aktif menggandeng mereka (gamer dan overclocker). Mereka rajin membuat kompetisi game, juga mensponsori tim, komunitas, dan individu yang turut serta dalam ajang kompetisi game. Termasuk membuat acara-acara keakraban dengan komunitas gamers.

Tak terhitung berapa banyak dana yang telah dikucurkan ASUS untuk mendongkrak popularitas lini ROG-nya dengan cara seperti itu (sponsor, dsb). Namun pastinya, dari tahun ke tahun, ASUS ROG semakin mendapat tempat di peta industri game dunia, khususnya pasar PC gaming.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)