Axa Indonesia dan Kemenkes Sosialisasikan Gaya Hidup Sehat

Deddy Kuswenda, Direktur Promosi Kesehatan dan pemberdayaan Masyarakat Kemenkes dan Jean Philipe, Presiden Direktur Axa Mandiri saat penandatanganan kerjasama.

Axa Indonesia menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk mendukung program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) (5/6/2017). Program ini bertujuan untuk memperkuat pembangunan kesehatan Indonesia dengan mengedepankan upaya promotif-preventiff. Germas akan dikemas melalui sosialisasi dan edukasi kesehatan, latihan fisik, serta medical check up. Program ini direncanakan akan dilaksanakan di 16 titik di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi, dan Nangroe Aceh Darussalam, dan akan menargetkan perempuan.

Program kerja sama ini dimulai bertepatan dengan Corporate Responsibility Week (CR Week) yang merupakan agenda tahunan perusahaan. CR Week merupakan langkah Axa Indonesia dalam menurunkan resiko penyakit tidak menular di Indonesia. Riset kesehatan dasar kemenkes tahun 2013 mencatat angka pravalensi penyakit tidak menular per seribu penduduk Indonesia cenderung meningkat. Penyakit stroke yang semula 8.3% di tahun 2007 naik menjadi 12.1% pada tahun 2013, sedangkan diabetes yang awalnya hanya mencapai 1.1% naik hingga 2.1%, sedangkan hipertensi dari 7,6% naik menjadi 9,5% di tahun yang sama.

Country CEO Axa Indonesia, Paul Henri Rastoul, menjelaskan, Axa Indonesia mendukung program Germasi melalui serangkaian kegiatan kesehatan dan pencegahan untuk mendukung Indonesia mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang kesehatan. Kegiatan ini sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu, Empower People to Live a Better Life. "Kami ingin membantu pemerintah sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya layanan proteksi kesehatan di masa depan," dia menegaskan.

Lebih lanjut Paul menjelaskan pihaknya tidak hanya ingin menjadi perusahaan penyedia jasa asuransi tetapi juga menjadi mitra dengan memberi edukasi mengenai pola hidup sehat.”Saat ini kami menggelontorkan Rp 300 miliar pertahun guna dana klaim nasabah asuransi. Ini dana yang cukup besar, untuk itu kami ingin menyadarkan masyarakat agar hidup lebih sehat" ujar Paul.

Pogram ini merupakan program kerja sama pertama Axa Indonesia dengan Kemenkes yang diharapkan dapat berjalan secara berkelanjutan. Deddy Kuswenda, Direktur Promosi Kesehatan dan pemberdayaan Masyarakat Kemenkes  menjelaskan, permasalahan kesehatan tidak bisa diselesaikan hanya dengan mengandalkan kementrian kesehatan, perlu adanya keterlibatan semua pihak, terutama pelaku bisnis."Program kerjasama dengan Axa Indonesia ini kami harapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat banyak," ucapnya.

Selain mendorong gerakan masyarakat untuk hidup lebih sehat, Axa Indonesia juga menggelar serangkaian kegiatan literasi keuangan guna membantu masyarakat dalam mengelola resiko keuangan dengan bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)