Management Trends zkumparan

Babak Baru Transformasi Kepemimpinan Air Asia Super App

Mohamad Hafidz dan Collin Curie (foto: Humas Airasia Super App)

Aplikasi perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, Airasia Super App mengumumkan penunjukan Mohamad Hafidz yang berpengalaman dalam membangun luasnya infrastruktur bisnis pembayaran Capital A, dan selanjutnya akan mendorong pertumbuhan portofolio digital perusahaan. Ia merupakan suksesor Amanda Woo, yang mengundurkan diri dari posisi Chief Executive Officer Airasia Super App per 1 April 2023 mendatang.

Keputusan ini melanjutkan berita transisi kepemimpinan Airasia Digital sebelumnya, yang meliputi anak perusahaan, Airasia Super App dan BigPay. Colin Currie, yang mengambil peran ganda sebagai Chief Executive Officer Airasia Digital dan President Commercial Capital A akan memimpin upaya integrasi antara Airasia Super App dan platform BigPay, demi meningkatkan pengalaman perjalanan dan transaksi yang lebih baik bagi pengguna di dalam ekosistem Capital A.

“Sejak 2012, Amanda telah berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan bisnis di seluruh Asia Tenggara dan mengembangkan bisnis Airasia Super App di pasar Malaysia, Thailand, Indonesia dan Filipina selama dua tahun terakhir, dengan peningkatan pengguna aktifbulanan hingga 12 juta pada akhir tahun 2022, serta mengukuhkan status Online Travel Agent (OTA) pada Airasia Super App,” jelas Currie.

Amanda melepaskan peran CEO Airasia Super App dengan mewariskan tim yang efektif untuk selanjutnya dipimpin oleh Mo. Kami yakin bahwa Mo mengantongi keahlian komprehensif dengan rekam jejak nyata dalam mendorong perubahan strategis dan pertumbuhan pada teknologi pembayaran, manajemen produk, serta kemitraan di seluruh wilayah.

Menurutnya, objektif Mo adalah mentransformasikan Airasia Super App yang berawal dari aplikasi basis untuk maskapai Air Asia, menjadi sebuah aplikasi perjalanan yang menjangkau seluruh Asia dan mampu bersaing dengan pemain aplikasi super ataupun Online Travel Agent lainnya. “Airasia Super App, sesuai dengan DNA brand kami, akan berfokus pada pilihan perjalanan berbiaya terjangkau dan bernilai bagi 700 juta orang di Asia Tenggara, juga untuk orang di seluruh dunia yang mengunjungi kawasan ASEAN dengan memberikan harga dan penawaran yang inovatif,” tambahnya dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (14/03/2023)

Mohamad Hafidz atau Mo, bergabung dengan AirAsia sejak Juni 2019 dan saat ini menjabat sebagai Chief Fintech Officer Airasia Super App. Dengan peran barunya sebagai CEO Airasia Super App per 1 April 2023, ia akan terus mendorong visi fintech pada platform melalui lintas sistem pembayaran, layanan finansial, dan manajemen keuangan, yang secara berkelanjutan dapat menambah pilihan produk serta layanan bagi penggunanya, serta mendatangkan lebih banyak pendapatan bagi bisnis.

Berbekal pengalaman hampir 30 tahun di industri pembayaran, Mo telah terlibat dalam pembentukan berbagai kebijakan di sejumlah pasar regional, serta menjadi seorang advokat kuat untuk inovasi dan keamanan sistem pembayaran di kawasan Asia Pasifik. Mo memulai kariernya di industri perbankan, Citi, yang mana ia ikut serta dalam sejumlah solusi dan operasional pembayaran, serta bisnis pembayaran berbasis kartu. Lulusan Masters of Finance dari Royal Melbourne Institute of Technology Australia ini juga sempat menjejakkan langkah kariernya pada perusahaan VIisa sebagai Head of E-commerce Asia Pasifik, kemudian MasterCard untuk memimpin program penerimaan pembayaran kawasan Asia Pasifik, sebelum dirinya bergabung dengan AirAsia.

Mo menyampaikan, “Prioritas utama saya dengan peran baru ini adalah meneruskan visi Airasia Super App dan fintech melalui berbagai kolaborasi yang lebih erat dengan lini bisnis Capital A lainnya, termasuk BigPay. Saya menantikan untuk mengembangkan aplikasi ini sebagai platform satu atap untuk perjalanan, mendorong konversi untuk transaksi hotel dan penerbangan, termasuk maskapai non-AirAsia. Saya bersemangat untuk bekerja sama dengan seluruh Allstars, berfokus pada arahan strategis perusahaan, memperkuat kemitraan, dan membangun relasi baru.”

Airasia Super App merupakan platform perjalanan, e-commerce dan financial technology terintegrasi besutan Capital A yang menawarkan pengguna lebih dari 15 lini produk serta layanan berbasis aplikasi serta melalui situs Airasia.com. Didukung oleh kekayaan database pengguna dan teknologi, super app ini mengoptimalkan ekosistem digitalnya yang memiliki 51 juta pengguna dan 40 juta unduhan, untuk memberikan pengalaman pengguna yang terpersonalisasi dan praktis. Pengguna juga dapat terhubung dalam interaksi sosial secara langsung, komunitas, permainan digital, dan lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved