Badak LNG Fokus Cetak Pemimpin Bisnis

PT Badak LNG merupakan salah satu pelaku utama industri LNG di dunia. Perusahaan nirlaba ini bertindak sebagai operator atas seluruh aset produksi kilang gas di kota Bontang, Kalimantan Timur yang seluruhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia di bawah Kementerian Keuangan.

Tetapi dalam lima tahun terakhir, perusahaan melihat ada peluang pengembangan bisnis yang bisa digarap, sehingga Badak LNG tidak lagi murni sebagai badan nirlaba “Saat ini perusahaan sedang dalam proses untuk meningkatkan usaha atau bisnisnya selain proses produksi LNG, hal ini membutuhkan keahlian tersendiri dan perubahan pola pikir,” jelas Ravito Karismael, HR Business Partner PT Badak LNG kepada SWA Online dalam ajang penjurian “Creating Leaders From Within 2019” yang diselanggarakan oleh Majalah SWA dan NBO di Jakarta pada Selasa, (24/9/2019).

Menurut Ravito, ada dua hal lain juga yang menjadi latar belakang perusahaannya merasa perlu untuk membangun program pembentukan pemimpin dari dalam. Pertama, demografi pekerja, sekitar 30% karyawan akan memasuki masa pensiun dalam lima tahun ke depan, sehingga dibutuhkan proses transisi dan transfer pengetahuan yang maksimal. Kedua, adanya penurunan jumlah produksi gas, hal ini tenttu berdampak secara langsung terhadap biaya operasional dan kebutuhan pekerja perusahaan.

Ada lima langkah yang dilakukan Badak LNG dalam membentuk pemimpin dari dalam perusahaan. Pertama adalah menselaraskan program dengan strategi dan target perusahaan. Kedua, menyiapkan dan menjalankan program yang mengacu kepada learning & development strategy. Ketiga, mengimplementasikan leadership assesment dan menyeleraskan dengan kebutuhan pengembangan. Keempat, dukungan sistem dan infrastruktur (Management System-BSMART, Human Capital Suites). Kelima, program apresiasi atas kinerja dan kompetensi melalui compensation & benefit.  

Ravito mengklaim, kini 95% level pemimpin di jajaran manajemen Badak LNG diisi talent dari dalam. “Sekitar 95% posisi dalam manajerial itu diisi dari dalam, hanya level direksi yang diisi dari luar itu pun kan karena terkait dengan share holder," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan alasan perusahaan mengikuti ajang “Creating Leader From Within 2019”. Menurutnya, acara tersebut bergengsi dalam dunia HR. Pun, dia yakin Badak LNG punya best practice yang bagus untuk dibagikan dalam topik menciptakan pemimpin dari dalam.  

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)