Badan Akuntasi Internasional Serukan Gerakan Nol Emisi Karbon

The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW), Chartered Accountants and Registered Auditors (CAS), dan Chartered Accountants Irlandia (CAI) secara bersama-sama mengumumkan komitmennya untuk mendukung kampanye bertajuk Race to Zero dari United Nations (UN) untuk mengumpulkan 1.000 akuntan yang siap membantu dalam memerangi krisis iklim di dunia. Ketiga badan akuntansi profesional ini mempromosikan dan mengajak orang-orang agar berkomitmen untuk memperjuangkan tujuan dari kampanye Race to Zero, termasuk di Indonesia.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan ICAS dan CAI untuk memastikan dan mengajak akuntan bersertifikasi di Inggris, Irlandia, dan seluruh wilayah operasional kami untuk membantu organisasi tempat mereka bekerja mencapai nol emisi karbon. Sebagai penasihat terpercaya yang membantu bisnis-bisnis membuat keputusan yang tepat, profesi kami (Akuntan) berperan penting dalam perlombaan menuju ekonomi nol-karbon. Saya mendesak semua akuntan bersertifikasi untuk bergabung dengan kami dalam perang melawan perubahan iklim,” ujar Michael Izza, Chief Executive ICAEW

Kampanye Race to Zero akan menyatukan inisiatif dari seluruh aksi dan komunitas yang bergerak di bidang perubahan iklim menjadi satu payung organisasi yang bertujuan untuk menggalang bisnis, lingkungan, dan para investor untuk mencapai tujuan zero carbon recovery yang sehat, tangguh, dan tanpa emisi. Akuntan bersertifikasi yang merupakan anggota ICAEW, ICAS, atau CAI dapat berpartisipasi dalam kampanye ini, jika mereka telah membantu organisasi atau klien mereka mendaftar ke Race to Zero, atau jika mereka bersedia untuk bergabung dalam Race to Zero sebelum UN Climate Change Conference of the Parties (COP26) pada bulan November. Untuk berpartisipasi, mereka harus mendaftar melalui situs web lembaga profesional mereka masing-masing dan menyatakan komitmen mereka untuk membantu organisasi dan/atau klien mereka dalam beralih ke ekonomi bebas karbon dengan mencapai nol emisi karbon.

Senada dengan tujuan Race to Zero, ICAEW juga telah melakukan langkah nyata untuk mengurangi emisi karbon dengan berhenti memproduksi materi pembelajaran yang berbentuk kertas, sehingga dapat mengurangi rantai emisi dalam proses percetakan itu sendiri. Selain itu, ICAEW juga akan melaksanakan beberapa proyek pengurangan karbon internal selama tahun-tahun mendatang, yang memiliki target untuk mengurangi emisi sebesar 20% pada tahun 2025, dan 40% pada tahun 2030. 

Di Indonesia, ICAEW melalui berbagai inisiatif di beberapa kampus rekanan ikut berpartisipasi menyuarakan dampak perubahan iklim, peran para profesional Akuntan dalam memitigasi resiko perubahan iklim, dan bagaimana memaksimalkan peluang dalam bidang bisnis.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)