Bagaimana Cara Mengilangkan Bau Rokok?

50 persen perokok pasif berisiko terkena kanker mulut dan tenggorokan (Foto: Alodokter)

Kebanyakan orang pasti setuju bahwa asap rokok dapat menempel dengan mudah, mulai dari rambut, tangan, pakaian, bahkan di ruangan termasuk furnitur. Kondisi ini sangat menjengkelkan karena selain baunya susah hilang, asap rokok yang menempel dan terhirup bisa berisiko terhadap kesehatan.

Studi terbaru yang dilakukan King’s College London menjelaskan, 50 persen perokok pasif berisiko terkena kanker mulut dan tenggorokan. Apalagi jika terpapar asap rokok dalam jangka waktu yang panjang, maka risikonya bisa meningkat berkali-kali lipat.

Nah bagaimana caranya supaya orang terdekat kita yang perokok tidak meninggalkan bau rokok di lingkungan sekitar? Pertama, cuci tangan. Memegang rokok membuat jari-jari kita berbau. Nah, kita dapat menghilangkan bau itu dengan mencuci tangan pakai sabun setelah merokok.

Kedua, sikag gigi. Setelah merokok, sebaiknya perokok menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur, dan menggunakan pembersih lidah. Ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau rokok dalam mulut. Menyikat gigi setelah merokok juga akan membantu dalam mengurangi noda yang ditinggalkan oleh TAR.

Ketiga, mandi. Mungkin ini tidak terdengar praktis, tetapi pastikan untuk mandi setelah beraktivitas di sekitar paparan asap rokok, termasuk bagi perokok itu sendiri. Jika memungkinkan, jangan lupa untuk keramas karena ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau rokok di rambut.

Keempat, mengganti dan mencuci baju. Bau rokok juga dapat menempel pada pakaian meskipun perokok melakukannya di luar ruangan. Setelah merokok, si perokok sebaiknya mengganti pakaian dan mencucinya. Jika tidak segera dicuci, bau rokok justru dapat melekat pada pakaian yang lain.

Kelima, berhentilah merokok atau bealih ke produk tembakau alternatif. Selain tips di atas, cara paling baik untuk menghilangkan bau asap rokok sekaligus mengurangi risiko kesehatan adalah berhenti merokok. Namun, jika sulit untuk berhenti,  perokok dapat beralih ke produk tembakau alternatif seperti produk tembakau yang dipanaskan yang baunya tidak menempel pada sekitar pengguna. Produk ini berbeda ya dengan vape, karena vape masih meninggalkan aroma pada perokok. Karena tidak ada pembakaran, produk tembakau yang dipanaskan hanya menghasilkan uap (aerosol), bukan asap seperti pada rokok. Uap ini pun tidak melekat dan tidak menimbulkan bau.

“Tidak seperti rokok, tidak ada asap yang dihasilkan oleh produk tembakau alternatif ke udara, hanya uap yang dihembuskan,” kata Duncan Selbie, mantan Kepala Eksekutif Public Health England seperti dikutip dari UK Health Security Agency (31/10/2021).

Keenam, menjalani terapi alternatif berupa hipnoterapi. “Efektivitas hipnoterapi untuk menghentikan kebiasaan merokok memang belum diketahui secara pasti. Namun, sebagian orang mengaku telah merasakan manfaatnya,” ujar dr. Sienny Agustindari Alodokter.

Selain cara-cara di atas, beberapa jenis obat seperti bupropion dan varenicline, juga dapat membantu Aberhenti merokok. Namun, obat ini hanya boleh dikonsumsi sesuai anjuran dan di bawah pengawasan dokter.

Saat merasa kesulitan berhenti merokok, coba ingat kembali alasan mengapa ingin berhenti merokok, misalnya agar tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit atau keluarga Anda terhindar dari bahaya menjadi perokok pasif.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)