Bali jadi Tuan Rumah Parade Sepeda Tua Terbesar Dunia

Lebih dari 10.000 penggemar sepeda tua dari 30 negara berkumpul di Bali untuk meramaikan kongres dan reli asosiasi sepeda tua internasional, International Veteran Cycle Association ( IVCA) 2018. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 12-15 April 2018 mendatang di kawasan Grand Inna Bali Beach Denpasar.

Sebelumnya, rangkaian acara IVCA 2018 dibuka kirab estafet trofi IVCA oleh 10 peserta inti dan ratusan penggemar sepeda tua anggota KOSTI. Kirab ini mengambil start di Pantai Anyer, Banten pada 24 Maret 2018 lalu menuju finihs di Pantai Matahari Terbit Sanur pada 10 April 2018, menempuh jarak kurang lebih 1.500 km dan melewati 20 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali.

“Pemkot Denpasar sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan IVCA yang dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan di Kota Denpasar. Diharapkan para peserta IVCA dapat menikmati keindahan pantai, pasar, dan kawasan puri sebagai ikon pariwisata Kota Denpasar”, ujar Kasubag Pengumpulan Informasi dan Publikasi I Wayan Hendaryana saat menyambut peserta inti kirab estafet trofi IVCA.

Ketua Umum KOSTI, Joko R. Prihartono, menyatakan IVCA 2018 menjadi ajang berkumpulnya penggemar sepeda tua dari seluruh dunia. Kurang lebih 10 ribu peserta akan meramaikan kegiatan konggres di Denpasar yang juga akan memecahkan rekor Guinness Book of Record dalam kategori Parade Sepeda Kalsik Terbesar di Seluruh Dunia.

“Kami ingin melestarikan budaya Indonesia melalui sepeda tua, dan menjadi kesempatan yang bagus untuk memperkenalkan budaya Indonesia karena merupakan cermin kekayaan budaya kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia IVCA 2018, Bambang Waluyojati, menyatakan rangkaian acara IVCA di Bali khususnya di Kota Denpasar meliputi cultural ride sejauh 20 km. Kegiatan lingkungan akan diisi dengan penanaman pohon mangrove di kawasan Pantai Serangan, dilanjutkan dengan Vintage Bicycle Village dengan tema “Kampoeng Jadoel” serta fun race berbagai kategori.

Pada puncak acara peserta akan melakukan parade sepeda internasional berkeliling Denpasar sejauh 25 km dengan pakaian khas negara masing-masing sedangkan peserta dari Indoensia akan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah dalam semangat keberagaman, sesuai tema IVCA 2018 " Menjunjung Tinggi Keberagaman dan Pluralitas".

Terpilihnya Indonesia khususnya Bali sebagai tuan rumah IVCA 2018, menurut Bambang, merupakan suatu kebanggan karena Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi tuan rumah sejak konggres IVCA pertama kali di Grantham, Inggris pada Tahun 1981.

Indonesia juga merupakan negara yang memiliki penggemar sepeda tua terbanyak di seluruh dunia. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar yang telah mendukung acara IVCA dan memberikan ruang yang luas dalam kegiatan ini. Kami nerharap acara ini dapat membuka mata dunia khususnya bangsa sendiri bahwa sepeda itu menyenangkan dan bisa merumuskan rekomendasi terkait kebijakan transportasi yang ramah lingkungan," tutur Bambang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)