Bank Bukopin Uji Coba Layanan Viola

Rivan A Purwantono Direktur Konsumer PT Bank Bukopin (kedua dari kiri), Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo (ketiga dari kiri), Direktur Operasi & Teknologi Informasi Adhi Brahmantya (keempat dari kiri) disela-sela uji coba layanan digital Viola di Kantor Pusat Bukopin, Jakarta (12/12).

Bank Bukopin terus melakukan berbagai inovasi digital untuk meningkatkan pelayanan. Salah satu terobosan yang dilakukan Bank Bukopin adalah menyiapkan layanan Virtual Interactive Online Assistant (Viola). 

Viola merupakan bentuk inovasi digital banking yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mendapatkan informasi seputar layanan perbankan dengan lebih mudah dan cepat.

Menurut Direktur Utama, Bukopin Eko Rachmansyah Gindo, melalui layanan Viola banyak efisiensi yang dilakukan Bank Bukopin, mulai dari customer service hingga penggunaan form untuk setoran. “Rata-rata transaksi yang menggunakan form sekitar 650 ribu per bulan, dengan hadirnya layanab Viola akan berkurang sekitar 30 ribu-50 ribu per bulan,” kata Eko.

Direktur Operasi & Teknologi Informasi Adhi Brahmantya menambahkan, Viola merupakan layanan digital Bank Bukopin yang ditujukan bagi masyarakat luas untuk mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi transaksi perbankan khususnya pembukaan rekening baru, setor tunai, tarik tunai, aktivasi kartu kredit, dan blokir kartu serta layanan informasi pribadi nasabah seperti informasi saldo, rekening koran dan informasi seputar kartu kredit Bank Bukopin.

Selain itu, sebagai bentuk representasi virtual dari customer service, Viola juga dapat menyajikan informasi seputar produk perbankan yang dimiliki Bank Bukopin, seperti jenis tabungan, giro, deposito, dan lainnya.

Diakui Adhi, teknologi yang digunakan pada layanan digital Viola merupakan pengembangan dari artificial intelligence berbentuk chatbot yang dapat mendeteksi pertanyaan dan secara langsung dapat merespon pertanyaan atau permintaan yang diajukan oleh nasabah.

Melalui layanan digital Viola, Bank Bukopin berharap dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan dan aman. “Jika melakukan transaksi menggunakan Viola, nantinya masyarakat akan mendapatkan kode transaksi dan dapat langsung bertransaksi dengan teller tanpa harus mengisi form/slip transaksi. Dengan demikian dapat mempercepat proses transaksi,” kata Adhi.

Menurut Adhi untuk dapat menggunakan layanan Viola, nasabah dapat mengunjungi website Bank Bukopin di https://www.bukopin.co.id dengan memilih atau mengklik menu Viola dan selanjutnya nasabah dapat mengetik atau memberikan perintah suara “Hai Viola”, kemudian secara otomatis Viola akan melayani nasabah sesuai fitur yang tersedia dan menyambungkan ke customer service untuk layanan perbankan lainnya.

Diakui Adhi, untuk melahirkan layanan tersebut tidak membutuhkan investasi yang besar.  Karena kehadiran Viola hanya untuk memaksimalkan sistem IT yang dimiliki Bank Bukopin. “Cost untuk operasional Viola paling sekitar Rp 20 juta/bulan dan bisa dimanfaatkan cabang Bank Bukopin di seluruh Indonesia,” katanya.

Melalui layanan digital Viola, Bank Bukopin berharap dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan dan aman. “Jika melakukan transaksi menggunakan Viola, nantinya masyarakat akan mendapatkan kode transaksi dan dapat langsung bertransaksi dengan teller tanpa harus mengisi form/slip transaksi. Dengan demikian dapat mempercepat proses transaksi,” kata Adhi.

Peluncuran layanan digital Viola tersebut menjadi salah satu strategi Bank Bukopin untuk memperkuat bisnis perbankan digital Bank Bukopin. “Kami yang pertama menggunakan voice untuk layanan perbankan di Indonesia,” Rivan A Purwantono, Direktur Konsumer PT Bank Bukopin.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)