Bank Commonwealth Targetkan 1.000 Pengusaha Terlibat di Micro Mentor

Bank Commonwealth dan Mastercard memperkenalkan MicroMentor. Platform ini ditujukan untuk membantu pengusaha UMKM perempuan dalam mengembangkan bisnisnya. Sepanjang tahun lalu, keduanya juga telah bekerja sama untuk memberikan pemahaman keuangan bagi 1.000 pengusaha perempuan di Indonesia melalui Wise Masterclass.

Menukil data Bank Indonesia, total Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dimana 60%-nya dikelola oleh perempuan. Artinya, jumlah pelaku UMKM perempuan di Indonesia mencapai 37 juta.

Di sisi lain, kontribusi perempuan pengusaha terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 9,1%, sedangkan sumbangan terhadap ekspor masih di bawah 5%. Hal ini mengindikasikan masih banyaknya ruang untuk mendorong perempuan dalam sektor ekonomi.

Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Bank Commonwealth, mengatakan, sejak tahun 2014 pihaknya telah fokus pada kegiatan taggungjawab sosial untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dengan menargetkan perempuan melalui Wise. “Pada tahun 2017 kemarin, kami menggandeng Mastercard untuk memperluas jangakuan dan penerimaan program Wise. Hari ini melalui kolaborasi dengan Mercy Corps Indonesia, kami ingin membantu para perempuan pengusaha Indonesia untuk menumbuhkan bisnisnya secara nyata,” kata Lauren melalui siaran persnya.

MicroMentor merupakan jaringan sosial atau platform mentoring yang dibentuk untuk menghubungkan para pengusaha dan relawan pengusaha dari berbagai industri untuk melakukan one-to-one mentoring dengan para pengusaha kecil dan menengah khususnya perempuan pengusaha di Indonesia. Dengan platform ini, para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia bisa mendapatkan informasi maupun berkonsultasi dengan para pakar bisnis maupun keuangan yang berpengalaman di mana saja dan kapan saja.

Safdar Khan, Division President Indonesia, Malaysia and Brunei, Mastercard, berharap peluncuran ini akan semakin memperluas jangkauan program Wise dan meningkatkan pengetahuan para pegusaha UMKM perempuan di Indonesia. “Kami berharap program ini dapat meningkatkan pengetahuan perempuan pengusaha UMKM di Indonesia akan pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam strategi bisnis, pengetahuan terhadap aset dan akses finansial, serta pertumbuhan lingkungan usaha,"ujarnya. Di tingkat global, platform MicroMentor telah berhasil memberdayakan sebanyak 82% pengusaha yang mengikuti program mentoring.

Para pengusaha yang memperoleh mentoring tersebut juga mampu meningkatkan penghasilan mereka sebesar 83%. Di Indonesia, program MicroMentor yang baru diluncurkan hari ini dan ditargetkan dapat menjangkau 1.000 pengusaha sebagai mentees dan 200 wirausaha dan profesional berpengalaman sebagai mentor hingga akhir tahun 2019 dan diharapkan dapat terus meningkat di tahun-tahun selanjutnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)