Bank Indonesia dan Bank of Thailand Luncurkan QR Lintas Negara

Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BOT) meluncurkan tautan pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Thailand pada Selasa, 17 Agustus 2021. Dengan tautan ini, konsumen dan pedagang di kedua negara akan dapat melakukan dan menerima pembayaran QR lintas batas instan untuk barang dan jasa.

"Saya ingin berterima kasih kepada Bank of Thailand yang kita bersama-sama mewujudkan mimpi-mimpi yang terus kita lakukan untuk menyambungkan QR Indonesia Standard dengan QR Thailand Standard. Tidak hanya untuk masyarakat Indonesia, tapi juga untuk masyarakat Thailand," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Selasa.

Koneksi ini merupakan yang pertama menghubungkan operator sistem pembayaran ritel di kedua negara. Langkah ini juga menandai tonggak penting dalam inisiatif Konektivitas Pembayaran ASEAN, yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi keuangan di kawasan ini.

Peluncuran layanan tersebut pada hari ini adalah fase percontohan proyek, yang bertujuan untuk memastikan kelancaran interkoneksi dan membuka jalan bagi pelanggan, pedagang, dan operator untuk peluncuran komersial penuh tahun depan.

Pada tahap ini, pengguna dari Indonesia sekarang dapat menggunakan aplikasi pembayaran seluler mereka untuk memindai Kode QR Thailand untuk melakukan pembayaran ke merchant di seluruh Thailand.

Pengguna dari Thailand pun kini dapat menggunakan aplikasi pembayaran mobile untuk memindai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk membayar barang dan jasa di merchant-merchant di Indonesia, serta menggunakan layanan ini untuk transaksi e-commerce lintas batas mereka.

Layanan ini, menurut BI, akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan Thailand yang melakukan transaksi lintas batas, seperti wisatawan. Setelah perjalanan internasional dilanjutkan, pariwisata akan menjadi sektor utama yang akan sangat diuntungkan dari layanan ini karena banyaknya arus wisatawan antara kedua negara.

Fase komersial penuh akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022. Selama fase ini, lebih banyak bank/non-bank yang berpartisipasi diharapkan untuk bergabung. Di masa mendatang, layanan ini akan diperluas untuk memungkinkan pengguna di kedua negara melakukan transfer dana secara real time dengan mudah dengan merujuk nomor ponsel penerima.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)