Bank KB Bukopin Salurkan Kredit Hijau Rp 309 Miliar ke Grup Indika Energy | SWA.co.id

Bank KB Bukopin Salurkan Kredit Hijau Rp 309 Miliar ke Grup Indika Energy

Bank KB Bukopin mewujudkan komitmennya dalam penerapan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar Environmental, Social, Governance (ESG). Hal ini dilakukan perseroan dengan memacu laju portofolio hijau yang bergerak pada sektor energi terbarukan, produk eko-efisien, serta transportasi ramah lingkungan atau electric vehicle (EV).

Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, Bank KB Bukopin memberikan fasilitas kredit senilai US$ 20 juta atau sekitar  Rp 309 miliar kepada PT Energi Makmur Buana (INVI), yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy. Fasilitas kredit tersebut diberikan untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik komersional nasional, di antaranya pengadaan bus listrik  untuk Trans Jakarta dan termasuk pembiayaan untuk pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Penandatanganan surat persetujuan pemberian fasilitas kredit dilakukan oleh Kepala Divisi Bisnis Wholesale PT Bank KB Bukopin Feisel Martha bersama Presiden Direktur PT Energi Makmur Buana Andreas Justiabel di  Jakarta (02/10/2023). Perjanjian fasilitas antara Bank KB Bukopin dengan INVI tersebut memiliki jangka waktu hingga dua belas bulan sejak tanggal penandatanganan tersebut berlangsung.

Bank KB Bukopin berkomitmen  juga untuk mepercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Bank swasta ini percaya bahwa kemitraan dengan INVI sebagai anak perusahaan Indika Energy merupakan langkah yang signifikan dan selaras dengan komitmen pemerintah untuk menciptakan green mobility dengan mengadopsi teknologi menuju netral karbon.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, pihaknya percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini.

Selain itu, kami melihat pembiayaan hijau sendiri mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Pembiayaan hijau berpotensi meningkat sejalan dengan tumbuhnya perekonomian secara umum, maupun ekosistem ekonomi hijau secara khusus. Terlebih pemerintah sebagai regulator memberikan dukungan penuh bagi perbankan untuk menyalurkan kredit hijau tersebut. “Kami berharap keminraan dengan Energi Makmur Buana dapat mengakselerasi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, kehadiran INVI di Indonesia tidak hanya dari sisi distributor kendaraan listrik komersial, namun juga sebagai Seamless EV Experience. “Kami berharap langkah ini dapat memberikan kontribusi positif kepada Indonesia, sekaligus turun berpartisipasi dan mendukung insiatif pemerintah Indonesia dalam mempercepatan ekosistem kendaraan listrik Indonesia dan menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan. INVI mencerminkan semangat kami untuk menghadirkan masa depan mobilitas kendaraan komersial lokal yang lebih ramah lingkungan,” jelas Andreas.

Komitmen Bank KB Bukopin untuk meningkatkan alokasi pembiayaan berkelanjutan sejalan dengan nilai-nilai KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bukopin, yang merupakan leader pembiayaan berbasis Environmental, Social Governance di Korea Selatan.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)