Barisan CEO Perusahaan Asuransi Terbaik 2018

Industri asuransi di Indonesia tahun 2018 ini menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Hal tersebut setidaknya terrefleksikan dari pertumbuhan premi yang signifikan. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), premi asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi masing-masing tumbuh sebesar 31,49% dan 19,28% pada pertengahan 2018. Di samping itu, tingkat solvabilitas atau risk based capital (RBC) industri asuransi pun masih tergolong aman.

Meski tumbuh, industri asuransi di Indonesia tidak terlepas dari tantangan dan tekanan di antara para pelaku usaha. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per September 2018, hasil investasi industri asuransi jiwa turun 96,1% dari Rp 32,53 triliun menjadi Rp 1,28 triliun. Penurunan tersebut disebabkan oleh pergerakan pasar modal yang melambat. Dalam beberapa waktu terakhir, investor cenderung melakukan wait and see dan menahan investasi karena kondisi ekonomi global yang belum menentu. Di samping itu, ketatnya persaingan di industri asuransi membuat pelaku usaha di industri ini harus gencar berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar dapat menjangkau lebih banyak nasabah.

Di era persaingan seperti saat ini, peran pemimpin perusahaan atau Chief Executive Officer (CEO) menjadi vital dalam memimpin organisasi agar selalu selaras dan fokus terhadap target perusahaan. Kepemimpinan yang baik akan membawa perusahaan menjadi pemenang di industrinya. Oleh karena itu, CEO perlu memiliki kriteria-kriteria yang baik dalam memimpin perusahaanya.

“Melihat hal tersebut diatas, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada pimpinan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dalam Insurance Top Leader Awards 2018. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi bagi CEO yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan, menerapkan strategi yang tepat dalam menghadapi era persaingan, serta menyelaraskan organisasi dalam mencapai visi dan misi perusahaan,” jelas Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi.

Untuk menentukan CEO yang terbaik dalam ketiga hal tersebut, Warta Ekonomi melakukan desk research dan media monitoring terhadap masing-masing CEO perusahaan asuransi selama periode Januari hingga Oktober 2018.

Pada penilaian tahap awal, menilai kondisi laba/rugi perusahaan dan status perusahaan dalam Early Warning System selama periode 2016-2017. Tahap selanjutnya, CEO masing-masing perusahaan dianalisis dengan media monitoring. Indikator penilaian dalam menentukan CEO terbaik terdiri dari tiga aspek, yakni profesionalisme, inovasi, dan komitmen CEO dalam mendorong kinerja perusahaan. Setelah mengukur dengan ketiga hal tersebut, kemudian fokus pada keunggulan masing-masing CEO. Keunggulan-keunggulan tersebut pada akhirnya disematkan menjadi title masing-masing CEO.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 56 CEO yang mendapatkan predikat CEO terbaik atau Insurance Top Leader. Nama-nama pemenang berdasarkan kategori jenis usaha asuransi dan aset antara lain, untuk kategori Asuransi Jiwa dengan Aset di atas Rp 25 triliun: pertama, Jens Reisch (PT Prudential Life Assurance) - Insurance Top Leader for Empowering Middle-Class Market. Kedua, Ben-Ng (PT AIA Financial Insurance) - Top Leader for Milenial Product and Service Initiatives. Ketiga, Jonathan Hekster (PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Insurance) - Top Leader for Leveraging Product Innovation. Keempat, Andreas S. Soedjijanto (PT Indolife Pensiontama Insurance) - Top Leader for Local Insurance Company Champion.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)