Barry Callebaut Tunjuk SNS sebagai Distributor Van Houten Professional

Barry Callebaut Group dalam upaya memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia untuk varian produk compound chocolate dengan merek Van Houten Professional untuk toko kue, chocolatier, dan pembuat kue rumahan menggandeng PT Sinarniaga Sejahtera (SNS), anak usaha PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood).

Menariknya varian produk lengkap Van Houten Professional ini bahan bakunya adalah kakao lestari yang 100% dipasok secara berkelanjutan melalui program Cocoa Horizons Foundation yang berdampak positif bagi kehidupan petani kakao dan komunitasnya di Sulawesi.

Barry Callebaut merupakan penghasil cokelat dan produk kakao bermutu tinggi yang terkemuka di dunia. SNS hari ini resmi sebagai distributor produk sustainable compound chocolate Van Houten Professional di Indonesia.

Untuk diketahui target konsumen produk compound chocolate Van Houten Professional adalah para “artisan” dan jaringan toko roti, kafe, restoran, pedagang grosir, dan segmen pembuat kue rumahan yang berkembang pesat saat ini di Indonesia. Namun varian produk-produk tersebut baru akan tersedia secara komersial di pasaran sekitar Maret tahun ini.

"Kami menangkap peluang kerja sama dengan Barry Callebaut untuk mendistribusikan produk-produk compound chocolate Van Houten Professional. Kami yakin untuk menjadi pemain yang dapat diperhitungkan dalam mendukung pertumbuhan konsumsi produk cokelat di Indonesia dengan mengoptimalkan jaringan distribusi foodservice ," jelas Paulus Tedjosutikno, Direktur Garudafood pada siaran pers yang diterima SWA Online hari ini (10/09/2020).

Ini bukan kali pertama Garudafood digandeng Barry Callebaut. Sebelumnya, pada 2015 Garudafood digandeng Barry Callebaut membangun industri compound chocolate melalui dua pabrik cokelat di Indonesia, yakni di Gresik, Jawa Timur, dan Rancaekek, Jawa Barat.

Kekuatan jaringan yang telah dibangun Garudafood puluhan tahun, serta strategi penjualan yang dimiliki, menjadi keunggulan kompetitif, digabungkan dengan kompetensi Barry Callebaut lewat berbagai merek cokelatnya yang terkenal untuk kategori business-to-business.

"Van Houten Professional merupakan merek legendaris asal Eropa yang dimiliki Barry Callebaut. Merek ini telah menjadi pemimpin pasar di Asia. Lewat kerjasama dengan Garudafood, kami kembali bermitra dengan pemimpin pasar di negara dengan perekonomian yang paling dinamis di Asia Pasifik, serta memiliki wilayah jangkauan strategis di Indonesia yang terus berkembang, bahkan di tengah kondisi yang penuh tantangan," kata Shuo-yen Choo, Managing Director Chocolate Indonesia & Vice President, Food Manufacturers, Asia Tenggara, Barry Callebaut.

Asal tahu saja, Van Huten Professional dikenal di Eropa sejak 190 tahun lalu yang menawarkan berbagai varian produk cokelat dan compound chocolate yang lengkap dan telah disesuaikan dengan kebutuhan teknis produsen makanan cokelat.

"Selain mengutamakan mutu, cita rasa, dan kenyamanan, seluruh produk Van Houten Professional mengandung kakao lestari yang dipasok 100% dengan cara yang berkelanjutan melalui Cocoa Horizons Foundation, lembaga nirlaba yang dibentuk Barry Callebaut untuk memberikan dampak positif bagi komunitas petani kakao," jelasnya.

Untuk mendukung langkah tersebut di sini, Barry Callebaut juga berupaya menggerakkan aspek keberlanjutan di Indonesia. Shou-yen Choo mennambahkan, Van Houten Professional akan menjadi merek mass market pertama di Indonesia yang menawarkan kakao yang dipasok secara berkelanjutan dalam program Cocoa Horizons. Diharpkan, program ini dapat meningkatkan taraf kehidupan para petani kakao dan komunitas mereka di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sulawesi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)