Technology Trends zkumparan

Baru Sebulan, ZenPro Sudah Diakses 23 Ribu Pengguna Lebih

Baru Sebulan, ZenPro Sudah Diakses 23 Ribu Pengguna Lebih

Mengutip data Kemenaker Indonesia per Agustus 2020, pekerjaan teratas yang paling dibutuhkan oleh perusahaan pasca-pandemi adalah: tenaga penjualan, pemasaran, humas; dan teknisi operasi IT. Transformasi digital yang sedang terjadi di seluruh sektor membuat keterampilan teknologi menjadi paling banyak dicari (26,9%) oleh perusahaan.

Demi mendukung peningkatan kapabilitas para profesional dan pelaku UMKM, Zenius menghadirkan ZenPro sejak November tahun ini. Ada 48 kelas pelatihan dalam 12 kategori utama. Materi-materi pelatihan di ZenPro dibawakan oleh master tutor Zenius, serta para praktisi dan ahli di kompetensinya masing-masing. Kelas pelatihan tersebut terbagi dalam beberapa bidang, yaitu: Bisnis, Keuangan, Bahasa Inggris, Analitik, Wirausaha, Pemasaran Digital, Teknologi, Pembuatan Konten, Pengembangan Diri, Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Manajemen, dan Layanan Pelanggan.

“Platform ZenPro merupakan bagian dari misi kami untuk menumbuhkan rasa cinta belajar pada diri semua orang, serta mendorong mereka untuk menjadi individu yang terus bertumbuh dan menjadi pembelajar seumur hidup (lifelong learners). Melalui ZenPro, kami berupaya mewujudkan sistem pengajaran dan pendidikan yang berbasis keterampilan, bukan semata-mata ilmu pengetahuan saja. Tipe upskilling seperti inilah yang kami percaya dapat membantu para profesional di luar sana untuk bersaing di dunia pekerjaan,” jelas Rohan Monga, Chief Executive Officer Zenius.

Untuk memberikan dampak langsung terhadap para penggunanya, Zenius melalui ZenPro bekerja sama dengan perusahaan ecommerce enabler Sirclo untuk mengadakan program Merdeka Jualan Online (MaJOe), pelatihan pengembangan bisnis bagi para pelaku UMKM. Sirclo akan menyediakan solusi teknologi dan modul jualan online untuk UMKM, dan ZenPro akan menjadi salah satu platform fasilitator untuk mengadakan kelas, modul, latihan, serta kuis.

Menurut Christian Jeremia, Senior Strategic Acquisition Sirclo, kemitraan dengan ZenPro dengan menjalankan program MaJOe, juga merupakan bentuk dukungan Sirclo pada program Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh pemerintah. “Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para pelaku UMKM bisa semakin terampil dalam melakukan jualan online, menguasai teknik pemasaran melalui media sosial, dan menggunakan tools yang tepat untuk memajukan bisnisnya,”imbuhnya.

Hingga saat ini, kelas-kelas pelatihan ZenPro bisa diakses melalui situs resminya ataupun beberapa platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, dan Karier.mu by Sekolahmu, Sejak pertama kali diluncurkan, ZenPro telah diakses lebih dari 230.000 pengguna, dengan kelas-kelas yang paling populer yaitu tentang topik pengembangan bisnis.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved