BASF Resmikan Regional AgSolution Farm di Jember 

Sebagai komitmen investasi berkelanjutan dalam bidang pertanian, Divisi Solusi Pertanian BASF Indonesia mendirikan pusat penelitian dan pelatihan AgSolution Farm di Jember, Jawa Timur. Pembangunan ini berkolaborasi dengan Universitas Jember sebagai mitra dan pengelolanya terletak di dalam wilayah Agrotechnopark.

AgSolution Farm didukung oleh para tenaga ahli biologi BASF dan para akademisi pertanian dari Universitas Jember. Tujuannya, memberikan beragam pelatihan untuk internal dan eksternal. Keberadaan AgSolution Farm juga mendukung persyaratan uji biologi lapangan bagi produk-produk solusi pertanian BASF serta mendorong percepatan pengembangan dan introduksi produk-produk strategis di pasar Indonesia dan Asia Pasifik.

Pusat Penelitian AgSolution Farm ini memiliki kemampuan melakukan penelitian untuk semua indikasi, seperti AgCelence (kesehatan tanaman), perlakuan benih, fungisida, insektisida, herbisida, dan produk-produk biologi lainnya untuk bermacam tanaman seperti padi, hortikultura, palawija, kopi, dan tanaman-tanaman lainnya. “BASF berkomitmen untuk melakukan investasi di Indonesia melalui kemitraan dengan institusi yang memiliki keahlian di bidang pertanian. Upaya ini untuk membantu petani memenuhi kebutuhan yang terus meningkat akan bahan makanan yang berkualitas dan bernutrisi,” ungkap Martin Wolf, Direktur Bisnis untuk Solusi Pertanian BASF di ASEAN.

AgSolution Farm akan membantu BASF mengembangkan solusi yang dibuat secara spesifik bagi para petani Indonesia. Lewat program ini para petani dibantu untuk mengadopsi teknologi dan praktik pertanian terbaru dengan cepat, sehingga mereka dapat meningkatkan hasil panen. Kemitraan ini membawa manfaat yang signifikan bagi Universitas Jember sebagai mitra strategis serta bagi para petani pada umumnya.

Sigit Soeparjono, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember menyatakan bahwa kerja sama antara BASF dengan Universitas Jember mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa dan dosen di bidang aplikasi produk solusi pertanian yang ramah lingkungan. “Hasil dari sinergi penelitian bersama ini bisa langsung dikomunikasikan kepada petani, sehingga dapat membantu mereka dalam budi daya tanaman pertanian yang benar dan berkesinambungan,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)