Batik Shopee Hasil Edukasi Membatik ke 40 Ibu di Pulogebang

Shopee meluncurkan produk Batik Shopee untuk mengembangkan potensi batik nasional, sekaligus memberdayakan para ibu di Rusunawa Pulogebang, Jakarta.

Produk terbaru ini merupakan hasil kerja sama Shopee dengan JKT Creative yang merupakan keberlanjutan dari program Kreasi Nusantara.

Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia ,mengatakan, bertumbuhnya ekonomi digital dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan juga harus didorong oleh budaya Indonesia, salah satunya Batik. “Batik merupakan akar fashion Indonesia yang telah diakui global. Makanya, kami juga ingin ikut mendukung membudayakan batik di tingkat lokal dan global,” ujarnya.

Saat ini Shopee telah memberdayakan 40 orang ibu di Rusunawa Pulogebang, Jakarta dan juga 250 pengerajin batik di Solo dan Pekalongan melalui program kelas Inspirasi Shopee. “Kami tidak memiliki kompetensi tentang budaya lokal, namun kami memiliki kompetensi untuk meng-online-kan mereka. Makanya kami juga bekerjasama dengan pemerintah pusat dan lokal.”

Tercatat, sudah ada 10 instansi pemerintah yang telah bekerjasama dengan Shopee, beberapa diantaranya adalah Bekraf, Kemenperin, Kominfo, dan Kemenkeu. Kedepan, Radityo mengatakan akan menandatangani Memorandum of Understanding/MoU dengan pemerintah Jawa Barat di awal bulan Juli mendatang.

Iwet Ramadhan, Co-founder JKT Creative menjelaskan, corak batik yang dibuat olehnya terinspirasi dari harapan agar Indonesia kembali meraih kejayaannya melalui UKM yang saat ini sedang bertumbuh. “Motifnya tersusun atas kombinasi tanahan dan buketan klasik batik Pekalongan sedangkan aksen lingkaran merupakan simbolisasi dari bibit yang membuat tanah ini menjadi subur dan mencapai keemasannya.” Corak yang di beri nama Swarnadwipa ini nantinya akan diaplikasikan ke dalam merchandises official Shopee seperti pouchtotebagt-shirt, dan scarf.

Kreasi Nusantara sendiri merupakan kampanye yang dilakukan Shopee sejak Februari 2018 kemarin. Dimana platform menyediakan tombol khusus di laman depan situs. “Kampanye ini merupakan program marketing bagi para UMKM dan produk lokal memasarkan produknya disini. Jadi, selain kami memberikan edukasi melalui kampus Shopee, kami juga ikut mem-push dengan memasarkan barangnya melalui kampanye Kreasi Nusantara,” katanya menjelaskan.

Pihaknya mengklaim, sampai dengan hari ini telah ada 1000 produk lokal yang ditampilkan dalam kampanye. Selain itu, dia juga mengatakan telah terjadi kenaikan transaksi sebanyak 3 kali lipat sejak kempanye diluncurkan. "Kecantikan, makanan, dan busana muslim masih masih menjadi kategori favorit konsumen di Indonesia," ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)