Baznas Luncurkan Zakat Virtual Assistant Pertama di Indonesia

Bekerja sama dengan PT Artina Digitama Indonusa (Artdigi), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  meluncurkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat dalam menunaikan zakat. Zakat Virtual Assistant Chatbot ini pertama di Indonesia.

Layanan virtual assistant chat yang diberi nama “Zaki” ini memberikan transaksi zakat secara mudah, cepat, nyaman dan bersahabat. Menurut Deputi Baznaz, Arifin Purwakananta, perkembangan teknologi informasi di dunia zakat merupakan tantangan tersendiri terlebih di era 4.0, semua lini saling terhubung.

“Strategi besar Baznas adalah mengampanyekan gerakan zakat melalui berbagai saluran komunikasi online yang memudahkan muzakki (pemberi zakat) sesuai dengan tren digital yang berkembang di Indonesia,” ungkap Arifin.

Zaki dapat diakses di aplikasi messenger LINE dengan nama @zakibaznas dan dalam waktu dekat akan hadir di aplikasi chat Facebook Messenger. Masyarakat dapat  menghitung jumlah zakatnya secara akurat, literasi, dan edukasi zakat serta informasi program-program sosial dan kemanusiaan Baznas.

Fitur dari Zaki yang akan segera hadir antara lain, map lokasi masjid terdekat, pengingat jadwal sholat hingga materi dakwah. Dengan teknologi chatbot yang dilengkapi dengan Natural Language Process memungkinkan fitur ini dapat bercakap-cakap dengan pengguna hingga menganalisa keinginan dari para pengguna.

Ia mengatakan, inovasi produk zakat 4.0 ditargetkan mendukung pertumbuhan zakat secara nasional.  CEO Artdigi, Ari Lastina, menjelaskan, melalui teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence, Zaki dikembangkan untuk tanggap dalam merespon pengguna melakukan transaksi, mendapatkan informasi hingga berinteraksi.

“Perkembangan chatbot mendorong Artdigi untuk mengintegrasikan fungsi chatbot tidak hanya untuk engage  dengan pengguna untuk promosi atau pembelian sebuah produk, tapi chatbot dapat dioptimalkan dari sisi convenience factor untuk fungsi sosial, seperti apa yang Zaki lakukan,” tambah Ari. Melalui pendekatan human touch dari layanan Zaki, Baznas dan Artdigi berharap masyarakat lebih bergiat dalam berzakat untuk terwujudnya kesejahteraan sosial.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)