BCA Cetak 97% Pemimpin Dari Internalnya

Menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan total aset mencapai Rp738,2 triliun, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sangat memperhatikan pengemmbangan karyawannya. Saat ini BCA memiliki 1.220 cabang dengan total karyawan mencapai 24.154 yang di dominasi oleh pekerja berusia 25-30 tahun sebanyak 5.126 karyawan.

BCA berusaha membentuk iklim sebagai tempat berkarir yang diinginkan oleh setiap karyawannya. Fokus melakukan comprehensive intervention dalam upaya pengembangannya dengan memberikan job experience, simulation, dan self learning yang memungkinkan setiap karyawan dapat belajar melalui gadget mereka. Cara ini tak pelak disertai dengan aktivitas kelas yang juga masih berjalan.

Menurut Head of Division PT Bank Central Asia Tbk., Hendra Tanumihardja, BCA fokus pada 8 titik pengembangan individunya. Mulai dari recruitment, culture & values to the group, expand the scope of assignment, proficiency, development, career level, dan training. Semuanya untuk membantu karywan mendapatkan kariernya dan mempersiapkan level selanjutnya. “Ketika mereka telah siap, mereka akan ikut dalam sebuah kelas yang dinamakan Carrer Development Program. Ini merupakan program yang wajib diikuti seluruh karyawan BCA saat akan naik eselon,” ungkapnya.

Pada Carrer Development Program terdapat juga Talent Development untuk membantu karyawan mengembangkan talentanya secara spesifik. Terdapat serangkaian proses yang harus dilakukan antara lain identification, mapping, planning, monitoring, dan akan direalisasikan dan evaluasi oleh HR. “Reward juga kita ciptakan dalam bentuk monetary dan non-monetary bagi karyawan. Kami juga berusaha working environment untuk mendorong terbentuknya lifestyle work balance. Jasmani dan rohani diharapkan dapat seimbang, parenting training, passion training, dan financial plan pun diberikan. Training ini tidak terikat langsung dengan kompetensi banking tapi terkait dengan work life balance,” ujarnya.

Program percepatan talent tak lupa diberikan karena BCA melihat dalam 5 tahun kedepan akan cukup suffer diakibatkan 20-30% pejabatnya akan masuk ke masa pensiun mereka. Itu sebabnya, sejak tahun 2013 dimulai program pengayaan untuk meningkatkan karyawan agar memiliki wawasan lain. Karyawan yang berkarir di bidang operational, pemasaran atau analisis dapat memperkaya diri dengan program tertentu di luar pengalaman yang mereka geluti selama ini. “Dulu kami tidak pernah fokus pada hal itu. Mereka dilatih sesuai dengan bidangnya saja Sekarang perlu akselerasi, kami siapkan orang sedini mungkin. Talent akan diberikan enrichment. Meskipun kami belum melihat dia akan di plot ke bidang yang baru,” jelas Hendra.

Dengan berbagai program pengembangan talent, BCA mampu mencetak para pemimpin dari internalnya. Total pejabat BCA yang berasal dari internal perusahaan sebesar 97%. hanya 3% yang di hire dari luar. Penghargaan dari Gallup juga dirah oleh BCA sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang mendapatkan Great Workplace Award 2017. “Hanya 8% perusahaan di dunia yang mendapatkan award ini dari Gallup,” ungkapnya bangga.

Reportase: Anastasia Anggoro Sukmonowati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)