BCA Life Fokus Garap Produk Customer Centric Tahun 2017

PT Asuransi BCA (BCA Life) berencana mempertajam strateginya di tahun keduanya melalui diferensiasi produk dan servis serta memperluas jaringan (channel expansion) untuk menggarap pasar lebih luas. Hal ini dilakukan sebagaimana dituturkan Presiden Direktur & CEO BCA Life, Christine Setyabudhi, tepat saat memperingati ulang tahun ke-2 BCA Lif. Tujuannya, untuk menghasilkan produk asuransi yang customer centric, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mengingat potensi bagi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia masih sangat besar.

Presiden Direktur & CEO BCA Life, Christine Setyabudhi Presiden Direktur & CEO BCA Life, Christine Setyabudhi

"Penetrasi asuransi jiwa di Indonesia masih sangat rendah, terlihat dari tingkat protection gap yang saat ini masih tinggi ditengah masyarakat. Untuk itu, tidak hanya memperkuat strategi bisnis dari dalam, kami juga secara terus menerus memberikan literasi edukasi asuransi melalui program korporasi yang kami lakukan," ungkap Christine.

Dari sejak diresmikan dan mendapat izin beroperasi pada tahun 2014, BCA Life menyusun strategi bisnis tahun pertama berupa positioning for growth, di mana BCA Life mempersiapkan tim inti, pengembangan infrastruktur dan sistem TeknologiI nformasi, hingga mempersiapkan jalurdistribusi yang matang. Selama tahun 2015-2016 BCA Life melakukan deepening & expanding dengan menghadirkan produk yang berfokus pada tiga layanana suransi jiwa, yaitu asuransi perlindungan, asuransi plus tabungan dan asuransi plus investasi.

Pada tahun awal tersebut, BCA Life beroperasi dengan satu saluran distribusi, kemudian berkembang menjadi tiga saluran distribusi di tahun 2015. Tahun 2016 merupakantahun pertama BCA Life beroperasi secara lengkap, baik dari infrastruktur pendukung, maupun saluran distribusi penjualan, yakni bundled, telemarketing, kumpulan, worksite dan bancaassurance.

"Mewujudkan visi kami menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia, yang dikenal akan keunggulan pelayanan dan loyalitas nasabahnya, kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen melalui produk asuransi yang berkualitas serta jalur distribusi yang memadai. Semua yang kami lakukan adalah bagaimana kami dapat memberikan the right product, to the right customer, through the right channel," tambah Christine.

Strategi tiga tahun yang dilakukan BCA Life serta pengembangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, membuahkan hasil yang positif. Sesuai dengan laporan kinerja bulan Juni tahun 2016 (unaudited), BCA Life berhasil membukukan premi Rp176,302 miliar, melonjak307% jika dibandingkan periode sama tahun lalu, yakni Rp57,381miliar.

Dengan jumlah klaim Rp19,620 miliar meningkat 358% dibanding tahun lalu (Juni 2015) Rp5,481 miliar, dengan jumlah nasabah sebanyak 213.016 dan tingkat solvabilitas sebesar995,51%.

Pencapaian yang telah diraih BCA Life, tidak lepas dari hasil kerja keras seluruh tim maupun pihak terkait untuk mewujudkan komitmennya menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Sampai tahun kedua beroperasi ini, BCA Life telah memiliki 115 karyawan dan 49 tenaga penjual yang tersebar di cabang-cabang BCA.

Untuk mewujudkan visinya, selain menjalankan strategi bisnis yang kuat, BCA Life juga memberikan literasi edukasi asuransimelalui kegiatan sosial guna meningkatkan kemajuan pendidikan nasional serta pemahaman asuransi masyarakat secara umum.

Pada awal tahun 2016 ini, BCA Life telah melakukan edukasi dan literasi asuransi kepada mahasiswa di Universitas Katolik Parahyangan Bandung, komitmen pemberian perlindungan asuransi kepada para Relawan Muda dari Indonesia Mengajar selama 5 tahun sejak 2016-2020 yang akan diberangkatkan ke pelosok daerah Indonesia, dan pembuatan Ruang Baca & Perpustakaan BCA Life di Panti Asuhan Putra Nusa, Jakarta Selatan di bulan Ramadhan 2016i. Juga, rutin bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta melakukan kegiatan donor darah di lingkungan kantor pusatnya, Chase Plaza, Jakarta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)