BCA Life Transformasikan Operasional Bisnis Secara Digital

Meskipun baru berkecimpung di dunia asuransi selama kurang lebih dua tahun, PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) yang baru beroperasi sejak Juli 2014 telah membangun operasional bisnis dengan sistem digital di setiap lini kegiatan. Chief Operating Officer BCA Life, Yannes Chandra, mengatakan, BCA Life tidak hanya memberikan layanan nasabah secara digital, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dengan menghadirkan pondasi teknologi informasi, baik secara internal maupun eksternal.

BCA Life

BCA life telah mengimplementasikan solusi Budget Tracking dan e-Procurement yang dikembangkan oleh PT Ebiz Cipta Solusi. “Kami menyadari proses administrasi perusahaan yang melibatkan proses secara manual kerap membutuhkan waktu yang lama. Karenanya kami melakukan transformasi digital, tidak hanya secara eksternal, tapi juga terhadap seluruh operasional perusahaan," ujarnya.

Ia mencontohkan, dari penjualan saat ini telah menggunakan program Bless atau BCA Life Electronic Sales System, di mana proses penjualan dilakukan secara paperless menggunakan sistem teknologi yang terhubung pada tablet Ipad. Inovasi ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi waktu maupun mengurangi tingkat human error yang mungkin terjadi.

Untuk sistem komunikasi internal perusahaan, BCA Life juga telah menggunakan internet portal dengan dasar Sharepoint, dan komunikasi karyawan dengan Microsoft 365 yang dilengkapi fitur Skype for business, Yammer, Windows Azure dan private cloud BCA Life, serta sistem HRIS atau Human Resource Information System. Sedangkan untuk operasional, BCA Life mengimplementasikan Procurement to Opayment System (P2P) yang dikembangkan Ebiz Cipta Solusi.“Aplikasi ini memiliki keunggulan dalam melakukan proses pengadaan yang transparan serta mampu berintegrasi dengan sistem lainnya,” jelasnya mengklaim.

Yannes mengungkapkan, walaupun investasi teknologi memerlukan biaya yang cukup besar di awal, namun penggunaan teknologi digital mampu memangkas biaya operasional perusahaan secara signifikan. Saat ini memang belum terukur karena BCA Life baru menjalankan teknologi dari Ebiz sekitar dua bulan. Tapi menurutnya yang sederhana dari sisi penggunaan kertas, saat ini jauh lebih hemat karena sistemnya paperless. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)