Trends

Beard Menjawab Kebutuhan Pakaian Olahraga Muslim di Indonesia

Beard Menjawab Kebutuhan Pakaian Olahraga Muslim di Indonesia

Dengan jumlah penduduk mayoritas beragama Islam, tak pelak Indonesia menjadi potensi pasar bisnis busana Muslim yang sangat besar. Pemain bisnis ini terus bermunculan baik dari produk dalam negeri maupun impor. Salah satu produk yang ikut meramaikan pasar nan legit ini adalah Beard — brand pakaian olahraga untuk Muslim.

Beard dirintis sejak tahun 2020. Kendati pemain baru, produk ini diklaim tidak kalah dengan brand-brand besar yang lebih awal menyambangi konsumen. Berawal dari sebuah keresahan seorang pelari ultra bernama Berry Salasa, pendiri dari komunitas lari The Bearded Runners yang kesulitan mencari pakaian lari nyaman dan menutup aurat

Karena hobinya berlari dengan jarak ratusan kilometer, maka membutuhkan waktu tempuh lebih dari 35 jam. Artinya saat berlari akan bertemu dengan waktu shalat, maka pakaian lari yang dikenakan harus dapat digunakan untuk shalat dengan layak, yaitu tidak ketat serta menutup aurat.

Nah, dari situlah, Berry melihat peluang usaha yang menjanjikan. Dalam perkembangannya, ternyata ada masalah yang terjadi di lapangan, tapi belum ada produk yang menjadi solusi dari masalah tersebut.

“Mula-mula produk celana yang kami produksi hanya untuk memenuhi kebutuhan komunitas para pelari saja, sampai akhirnya produk tersebut ternyata dikenal oleh komunitas olahraga lainnya banyak para pesepeda, bulu tangkis, pendaki gunung, futsal, basket, plus sepak bola yang juga perlu memakai produk Beard untuk mendukung aktivitas olahraga dan beribadah,” jelas Berry Salasa, Pemilik Beard Indonesia.

Produk pertama yang dikeluarkan oleh Beard Indonesia adalah sport pants dengan desain unik menggunakan bahan kain rringan, elastis, drifit, menutup aurat dan stylish dilengkapi fitur kantong di kanan dan kiri. Juga, terdapat secret pocket di bagian belakang celana untuk menaruh telepon seluler. Ada pula strip dan logo berbahan polyflex yang bisa menyala bila terkena sinar lampu kendaraan sehingga aman digunakan dalam gelap.

“Sekarang produk Beard indonesia sudah memiliki variasi apparel lainnya seperti topi, buff, arm sleeve, jersey, t-shirt, celana, kaos kaki dan ultra light rompi shalat,” ungkap Berry.

Berry menambahkan bahwa karena permintaan yang sangat besar di pasaran, sekarang Beard mulai melebarkan sayapnya dengan memproduksi apparel dan pakaian olahraga Muslim untuk cabang olahraga lainnya.

Sistem pemasarannya menggunakan omnichanel, semua jalur distribusi digunkaan untuk memperkenalkan produk Beard. Mulai dari marketplace, media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube plus Telegram. Juga, melalui email marketing dan Google Ads agar bisa menjangkau ke seluruh pelosok Nusantara. Dan nantinya, Beard berambisi menjadi pakaian olahraga Muslim pertama dan terbesar di Tanah Air.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved