Beberapa Wilayah Alami Gangguan Listrik Saat Tahun Baru 2018

BPH Migas melaporkan secara umum kondisi sistem kelistrikan nasional berada pada kondisi aman terkendali selama periode Natal 2017 dan tahun baru 2018 lalu. Beban puncak nasional tertinggi terjadi pada H+11 tanggal 5 Januari 2018 sebesar 33.269 MW dan beban puncak nasional terendah terjadi pada H+7 tanggal 1 Januari 2018 sebesar 21.326 MW.

Komite BPH Migas, Muhammad Ibnu Fajar, mengungkapkan,  selama periode tersebut, terdapat daerah yang mengalami kondisi defisit listrik yaitu Kalselteng pada tanggal 30 Desember 2017. Kondisi disebabkan oleh gangguan terhadap PLTU Pulang Pisau unit #1 dan #2 (2 x 42 MW) dan Excess Power Pembangkit MSW Tanjung unit #2 (20 MW). Akibatnya,  sistem Barito mengalami pemadaman bergilir. Namun, pada 31 Desember 2017, secara berangsur-angsur pembangkit tersebut pulih kembali dan sistem Barito tidak mengalami kondisi defisit.

Di samping itu, terdapat beberapa wilayah yang sering mengalami status siaga yang yaitu Bangka, Sumsel Bengkulu Lampung (SBS) dan Kalselteng. “Status siaga merupakan status dimana cadangan operasi lebih kecil dari pembangkit terbesar pada wilayah distribusi tersebut,” kata Ibnu.

Sementara itu, terjadi tiga kali gangguan di beberapa wilayah di Indonesia selama periode tersebut. Gangguan pertama pada 27 Desember 2017 terhadap kawat Saluran Udara Tegangan Menengah Penyulang RSK di Sistem Sorong karena korosi dan umur peralatan yang menyebabkan terganggunya PLTD Klaseman. “Akibatnya, gangguan jaringan dan pembangkit, menyebabkan system sorong mengalami pemadaman beberapa jam,” ujar Ibnu.

Lalu, pada 30 Desember 2017 gangguan terhadap PLTU Pulang Pisau unit #1 dan #2 (2 x 42 MW) dan Excess Power Pembangkit MSW Tanjung unit #2 (20 MW). Akibat gangguan pembangkit tersebut, telah menyebabkan Sistem Barito (Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah) sempat mengalami kondisi defisit dan Sistem Barito mengalami pemadaman bergilir.

Ketiga, gangguan Interbus Transformer/IBT-1 dan IBT-2 Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Gandul dan PLTGU Muara Karang keluar dari sistem (trip) tanggal 2 Januari 2017. Gangguan tersebut mengakibatkan pemadaman listrik di sebagian wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Tangerang Selatan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)