Beehive Drones Kembangkan Drone Pengangkut Kebutuhan Logistik

Pesawat tanpa awak yang dikembangkan Beehive Drones siap mengangkut kebutuhan logistik (Foto: dok Beehive Drones).

Setelah melakukan uji coba operasional pesawat tanpa awak antar pulau untuk last-mile delivery di Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada akhir Oktober 2021 Beehive Drones menghadirkan drone untuk mengangkut kebutuhan logistik bisa dioperasikan pada semester pertama tahun 2022.

Beehive Drones adalah startup Indonesia yang dirintis okeh Albertus Gian Dessayes, Anindita Pradana Suteja, dan Ishak Hilton Pujantoro Tnunay. Ketiganya melakukan terobosan mengembangkan drones untuk mengirimkan barang-barang vital seperti obat-obatan, antar pulau.

Menurut CEO Beehive Drones, Albertus Gian Dessayes, uji coba di Sumenep merupakan momen penting bagi perusahaan dan juga bagi lanskap penyedia layanan sistem penerbangan drone di Indonesia.
 
Sedangkan bagi sistem logistik Indonesia, drone adalah jawaban praktis atas permasalahan last-mile delivery. Distribusi konvensional jadi lebih bisa terbantu karena drone memberikan kecepatan waktu antar dan kepraktisan sistem distribusi.
 
Diakui Gian, Kabupaten Sumenep, yang terdiri sejumlah pulau kecil, mengandalkan moda transportasi laut untuk berbagai aktivitas mobilitas. Kapal laut akan sangat berguna sebagai moda transportasi antar pulau besar di area Sumenep.

Mengingat Kabupaten Sumenep memiliki sejumlah gugusan pulau kecil yang sangat membutuhkan sistem logistik terpadu. Selama ini, kebutuhan logistik di gugusan pulau tersebut dilayani oleh kapal. Akan tetapi, kapal tidak selalu siap memasok kebutuhan logistik setiap dibutuhkan.

Beehive Drones juga akan mengandalkan kapal laut dalam alur logistik last-mile delivery. “Inovasi teknologi drone bukan berarti mematikan moda logistik lain. Justru, inovasi teknologi drone tetap membutuhkan kolaborasi dengan moda transportasi konvensional,” katanya.

Dalam ujicoba yang sudah dilakukan Beehive Drones menggandeng Telkomsel Innovation Center (Tinc), Departemen Teknik Transportasi Laut ITS, Kemdikbudristek, dan Kabupaten Sumenep. “Beehive Drones berupaya menyediakan drone yang mengirim suplay medis sebagai solusi untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi konvensional,” kata Gian.

Kolabarasi Beehive Drones dan Tinc diproyeksikan jadi kombinasi bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, terutama yang berada di area terpencil. Industri medis tanah air bisa memanfaatkan ekosistem drone medical delivery yang dikembangkan sebagai solusi sejumlah keperluan logistik medis, last-mile delivery, dan banyak masalah lain.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)