Begini Cara Ardhianto Hartono Hidupkan Ekonomi Sekitar

Memiliki sebuah usaha ekpedisi yang cukup sukses tidak membuat Ardhianto Hartono lupa akan lingkungan sekitarnya. Bos Ninja Express yang usahanya kian melesat di masa pandemi ini juga rupanya memiliki perhatian terhadap orang orang terdampak pandemi Covid-19 yang ada di sekitarnya.

Kepedulian itu ditunjukkan dengan mempekerjakan para tentangganya di usaha tas dan souvenir miliknya.  Bisnis ini dia  mulai bersama istrinya sejak November tahun 2020.  “Saya memilih tetangga sendiri  untuk usaha UMKM  dengan tujuan menghidupkan ekonomi sekitar  dulu. Sebab, saya melihat banyak tetangga  yang terdampak pandemi ini. Selain itu, upaya ini juga dapat saling mempererat keakraban dengan lingkungan sekitar," jelas Ardhianto di Jakarta.

Ardhianto menceritakan bisnisnya tersebut diawali dengan kesukaan istrinya pada tas dan souvenir yang unik dan lucu. Dari situlah mereka mencoba untuk memproduksi tas dan souvenir. Hingga kini, home industry tersebut telah memiliki kapasitas produksi hingga 60 ribu unit tiap bulan.

“Untuk karyawan sendiri sekarang kami memperkerjakan sekitar 70 orang yang sebagian besar berasal dari tetangga sekitar. Sedangkan untuk pemasaran menggunakan layanan media sosial yang cukup terbukti ampuh untuk menggenjot pesanan produk kami,” ujarnya.

Ardhianto masih belum memberi nama atau brand pada produk tas dan souvenir miliknya dengan pertimbangan banyak pesanan custom dari segi model ataupun bahannya. Namun, hasil produksi dari pasangan suami istri ini sukses didistribusikan hingga ke sejumlah kota di Indonesia.

Terkait dengan pandemi yang belum berakhir, rupanya bisnis tas dan souvenir milik Ardhianto ini berkembang seiring dengan kemajuan bisnis ekspedisinya, yang sama sama tidak terdampak dengan pandemi berkepanjangan ini.

Ardhianto pun getol memasarkan produknya lewat media sosial seperti Instagram. Dia  berharap pelanggan yang pernah melakukan order tas ataupun souvenir produksinya agar dapat melakukan pembelian kembali atau repeat order, karena ia menjamin kualitas produknya tidaklah murahan walaupun harganya terjangkau.

“Ke depan, saya ingin memperluas penjualan hingga ke seluruh Indonesia, dan ingin mengekspor ke seumlah negara. Saya bermimpi membuat mini market UMKM, yang di dalamnya akan terisi produk produk hasil UMKM dan bermacam hasil kerajinan Nusantara,” ujar dia.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)