Begini Cara Memperbanyak SDM Keamanan Siber di Indonesia | SWA.co.id

Begini Cara Memperbanyak SDM Keamanan Siber di Indonesia

Mendapat kesempatan kerja sama dengan PT Xynexis International, perusahaaan pioner dalam hal keamanan siber di Indonesia, Fakultas Informatika Telkom University Bandung menyambut antusias peluang tersebut.

Hal itu diutarakan Dekan Fakultas Informatika Universitas Telkom Dr.Z.K. Abdurahman Baizal,  Msi.M.Kom, dalam sambutan pembuka kuliah umum ‘Cybersecurity and Entrepreneurship’ yang dilakukan di Gedung TULT Telkom University, Bandung (08/06/2023).

“Kerja sama dengan perusahaan yang bergerak khusus dalam keamanan siber menjadi  penggugah mahasiswa untuk berperan aktif dalam keamanan siber yang makin marak gangguan  keamanan siber saat ini dan dapat membahayakan keamanan negara,” ujar Baizal dalam keterangan tertulis. Menurutnya,  kolaborasi bidang pengembangan teknologi  computer sains seringkali dilakukan. Bahkan dalam peningkatannya bidang computer sains Telkom University mendapat ranking ke-2 tingkat nasional.

“Kami dipercaya memberikan ilmu kepada para talent bidang Infokom dan terkait kerja sama bidang cyber security. Kami juga bemitra intens dengan beberapa lembaga dan industri dalam dan luar  negeri seperti BSSN, dan perusahaan asal Korea. Dengan Xynexis, lebih menitikberatkan pada source edukasi di SDM,” ujar Baizal.

Baizal menjelaskan, saat ini mindset yang harus dibangun adalah industri dan akademik harus  menjadi sebuah ekosistem. Bidang akademik harus menciptakan talent di mana talent di dunia cyber security adalah sebuah kebutuhan yang sangat vital untuk industri, organisasi maupun  instansi pemerintahan. Apalagi perkembangan informasi begitu cepat serta gangguan dunia siber (cyber crime) memiliki aktivitas yang cukup tinggi saat ini.

“Telkom University suda mencoba beberapa kerja sama bidang cyber security. Namun, belum running, baru Xynexis ini yang pertama dikaukan kerja sama dengan menandatangani MoU,” ucap Baizal yang berharap antara dunia akademis dan  industri dapat menciptakan sebuah ekosistem dengan tujuan para mahasiswa bisa melihat dan  terlibat langsung di industri sebagai bahan tugas akhirnya.

Awareness pada mahasiswa harus dibangun dan ditingkatkan agar mindset akan pentingnya cyber security  cukup krusial dalam semua bidang termasuk industri, organisasi dan  pertahanan negara di tengah pesatnya perkembangan informatika.

Adanya kerja sama ini akan memotivasi mahasiswa karena mereka terlibat langsung dalam industri  dan mengetahui berbagai permasalahan lapangan serta mampu secara langsung meningkatkan  keahlian khususnya di bidang software engineering yang akhirnya menjadi SDM siap pakai di berbagai kebutuhan industri.

“MOU yang dilakukan dengan Telkom University merupakan komitmen Xynexis dalam

membangun keamanan siber di Indonesia, selain Telkom University sendiri merupakan lembaga pendidikan swasta terbaik. Menemukan dan merekrut karyawan keamanan siber  yang berkualitas saat ini merupakan tantangan, dan banyak perusahaan tidak dapat menunggu  sampai talent siap bekerja. Untuk itu, kolaborasi seperti ini akan mempercepat kesenjangan  kekurangan talent trampil yang bisa siap bekerja di industri,” ungkap Eva Noor, CEO PT Xynexis International.

Menurut Eva, sinergi kedua pihak sangat perlu dilakukan agar para mahasiswa mampu meningkatkan kemampuannya akan  kebutuhan industri, khususnya dalam hal penanganan cyber security secara maksimal untuk  meminimalisir masalah di bidang teknologi informasi yang terus berkembang.

Xynexis bagian dari industri cukup paham dan mengerti apa kebutuhan dan masalah masalah yang dihadapi dalam industri dari sisi keamanan siber. Kolaborasi ini nantinya diharapkan melahirkan talent-talent terbaik dalam penangangan masalah cyber security. “Dengan mengetahui informasi masalah-masalah dalam keamanan siber inilah akan tercipta talent  yang mampu menghadapi masalah siber. Xynexis akan melatih teknis dan apa saja yang  dibutuhkan dalam dunia industri,” ungkap Eva menjelaskan.

Telkom University juga memiliki S2 yang fokus di keamanan siber. Kebutuhan akan SDM yang begitu tinggi  di dunia siber sekuriti yang membuat Xynexis melakukan kolaborasi ke berbagai lembaga  pendidikan dengan peminatan khusus di  Teknologi Informatika.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)