
Belakangan ini, ramai di media sosial berita mengenai pengunjung The Bellezza Suite Permata Hijau yang terjebak di dalam lift. Salah satunya melalui unggahan akun Heraloebss di Instagram yang menggambarkan bagaimana situasi pengunjung hotel terjebak di salah satu lift dalam keadaan lampu mati.
"Setengah jam terjebak lift, tamu hotel panik. Lampu dan AC lift juga mati, respons hotel dianggap lamban akhirnya korban telepon Damkar," tulis netizen itu. Berita ini ramai diperbincangkan di platform X dan TikTok dengan narasi yang menggambarkan lambannya penanganan manajemen hotel. Perihal hal tersebut, building management The Bellezza Permata Hijau pun ikut bersuara.
Imam Nugroho, Building Manager Hunian The Bellezza Permata Hijau dalam keterangannya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut. Ia membenarkan kejadian yang menimpa beberapa tamu dan pengunjung tersebut. Menurutnya, kejadian itu disebabkan adanya permasalahan kelistrikan yang padam di area Jakarta Selatan, sehingga mengganggu operasional lift. Namun, pihaknya memastikan permasalahan itu dapat segera diatasi dengan cepat dan tanggap oleh tim engineering building management The Bellezza Permata Hijau.
"Kalau dinarasikan kami tidak merespons panggilan darurat itu sangat keliru. Kami justru dengan cepat merespons dan menenangkan pengunjung yang terjebak, pun tombol emergency tetap aktif dan berfungsi," ujarnya (06/09/2023).
Hanya saja, dia dapat memahami kondisi pengunjung pada saat itu pasti dalam keadaan panik. Makanya pengunjung merasa upaya perbaikan dan tanggapan yang dilakukan terlalu lama. Bahkan dalam video yang beredar, terlihat pengunjung tengah berbincang dengan tim building management dan ada usaha tim engineering untuk membukakan pintu lift secara manual dengan sigap.
"Jadi memang karena panik dan takut saja, sebenarnya perbaikan relatif cepat dan semua normal kembali. Kejadian ini force majeure karena mati lampu, ada down time dari sistem kelistrikan dan perpindahan ke genset," lanjutnya. Building management berupaya agar hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari. Saat ini, seluruh layanan The Bellezza Suite Permata Hijau sudah berjalan normal.
Perlu diketahui, perawatan elevator dan lift penumpang di The Bellezza Permata Hijau dilakukan secara berkala oleh vendor lift dari PT Jaya Kencana. Sebelumnya juga sudah dilakukan pengecekan pada 29 Juni 2023 lalu yang dilakukan oleh PT Toba Royal Indonesia dan dinyatakan memenuhi syarat K3 serta layak digunakan setahun ke depan. Apalagi pihaknya juga mempunyai pendaftaran hasil evaluasi, hasil pemeriksaan dan pengujian berkala elevator dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi.
Swa.co.id